Foto: AP Photo

Musim Depan, Regulasi Poin Ganda Mungkin Tak Digunakan

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SINGAPURA, suaramerdeka.com - Regulasi poin ganda bisa saja tak akan lagi diberlakukan dalam kompetisi F1 musim depan. Indikasi itu dilontarkan Bos F1 Bernie Ecclestone.

“Aku menginginkannya untuk tiga balapan terakhir sehingga orang-orang akan percaya bahwa masih mungkin buat seseorang untuk menang (sampai balapan-balapan terakhir). Tapi mereka semua bilang aku gila, jadi kami takkan melakukannya,” kata Ecclestone di Autosport.

Sebelumnya, peraturan poin dobel sudah diputuskan bakal diberlakukan untuk balapan terakhir pada musim 2014 ini, pada Desember lalu. Kritikan sendiri banyak mengalir terkait penggunaan regulasi itu.

Eccelestone sendiri sebenarnya masih bersikeras bahwa poin dobel akan membuat balapan bisa lebih seru karena persaingan akan terus terpelihara sampai seri pamungkas. Akan tetapi, menjelang GP Singapura di akhir pekan Ecclestone mengakui bahwa regulasi tersebut terbukti tidak populer.

Ia pun mengaku sudah menyerah untuk mengembangkan regulasi poin dobel untuk tiga balapan terakhir. “Entahlah. Mungkin tidak. Kita belum bisa melihat apakah itu berjalan mulus, jadi tergantung. Buatku itu cara terbaik untuk membuat persaingan tetap terbuka. Jika tidak, untuk tiga atau empat balapan terakhir akan ada banyak pebalap yang melaju tanpa punya harapan lagi dalam kejuaraan,” katanya.

Pengubahan regulasi untuk 2015 membutuhkan dukungan bulat dari tim-tim F1 agar masalah tersebut bisa diajukan ke dalam World Motor Sport Council (WMSC) FIA pada Desember mendatang.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments