Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Mulai 2017, Kompetisi Polo Air Digulirkan

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) berencana menggelar kompetisi polo air antar-klub di Indonesia, mulai tahun depan.

Program itu perlu diselenggarakan untuk membangkitkan olahraga polo air agar muncul pemain-pemain bertalenta dari berbagai daerah. Sebab sejauh ini olahraga akuatik tersebut selalu didominasi DKI Jakarta, Jabar dan Sumsel.

“Kami masih menggodok seperti apa kompetisi polo air antar-klub nanti. Misalnya, setiap klub hanya boleh diperkuat dua pemain nasional dan selebihnya pemain dari klub itu sendiri. Kami ingin klub-klub daerah juga berprestasi, tidak hanya DKI Jakarta saja,” ujar Ketua Binpres PB PRSI Wisnu Wardhana.

Reva Deddy Utama, Binpres Polo Air PRSI menambahkan, kejuaraan antar-klub tersebut tak hanya untuk kategori senior, tapi juga kelompok umur seperti U-18, U-15 dan U-13. Ajang tersebut bakal dilaksanakan sekurangnya tiga kali dalam satu tahun.

“Dengan kompetisi yang teratur, diharapkan klub-klub bisa bergairah dan ara pemain terpacu untuk meningkatkan kualitasnya,” kata Reva Deddy.

Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan waktu pelaksanaan kompetisi mengingat kepengurusan PB PRSI baru di bawah kendali ketua umum Anindya Novian Bakrie akan dilantik pada Januari mendatang. Setelah dikukuhkan, mereka baru membahas program kerja, yang antara lain menggelar kompetisi.

“Apa-apa program yang dibuat polo air, renang lintasan juga akan kami rangkum. Tentu kami akan paparkan ke pengurus provinsi, ini lho program yang akan dilaksanakan PB, setelah itu mari sama-sama melakukannya. Itu akan dipaparkan setelah pelantikan,” tambah Sekjen PB PRSI Ali Patiwiri.

Dengan banyaknya kejuaraan, diharapkan muncul pemain hebat yang selanjutnya dipanggil memperkuat tim nasional polo air. Apalagi, Indonesia akan menghadapi berbagai ajang internasional, antara lain Kejuaraan Dunia “FINA World Development” 2017 dan SEA Games 2017 Malaysia.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments