Foto: AP Photo

Mercedes Tutup Musim dengan Torehan Rekor

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

ABU DHABI, suaramerdeka.com – Rekor baru dibuat Mercedes GP dalam balapan terakhir di Abu Dhabi terkait finis posisi satu dan dua dalam semusim. Perlu dicatat, untuk ke-12 kalinya musim ini, Mercedes menempatkan dua pebalapnya di podium teratas balapan F1.

Balapan di Sirkuit Yas Marina itu dimenangi Nico Rosberg, diikuti rekan setimnya, Lewis Hamilton, dan Kimi Raikkonen. Itu merupakan kemenangan ke-14 Rosberg selama kariernya pebalap 30 tahun itu di balapan Formula 1.

Selain itu, dalam balapan di Abu Dhabi adalah kali ke-12, Rosberg atau Hamilton, beriringan di posisi kesatu dan kedua. Sebelumnya mereka melakukannya di Australia, China, Spanyol, Kanada, Austria, Belgia, Jepang, Amerika Serikat, Meksiko, dan Brasil.

Hanya di Malaysia, Bahrain, Hongaria, Italia, Singapura, dan Rusia, Hamilton, dan Rosberg gagal ada di dua podium teratas. Ini jadi rekor terbaru dalam semusim F1 sekaligus memecahkan rekor yang dibuat mereka musim lalu sebanyak 11 kali.

Rekor itu seolah memperlihatkan dominasi Mercedes musim ini yang mengumpulkan 703 poin di klasemen konstruktor, unggul jauh dari Ferrari posisi kedua dengan 428 poin.

Kembali ke Rosberg, pole position keenam beruntun di balapan Abu Dhabi semalam, membuatnya tinggal butuh dua pole lagi di dua seri awal musim depan untuk menyamai rekor Aryton Senna yang mencatatkan delapan pole position beruntun.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments