Foto: AP Photo

Mercedes Kunci Gelar Juara Dunia Konstruktor

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SOCHI, suaramerdeka.com - Mercedes akhirnya memastikan gelar juara dunia konstruktur menyusul penalti 30 detik yang diterima pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, seiring tabrakan dengan Valtteri Bottas.

Dalam insiden itu, Raikkonen dinilai sebagai penyebab tabrakan degan Bottas saat balapan di Sochi Autodrom. Tabrakan terjadi kala, Raikkonen tengah berupaya menyalip di tikungan keempat kemudian justru membuatnya menabrak Bottas dari belakang.

Raikkonen akhirnya harus puas finis di posisi kelima. Steward kemudian memutuskan bahwa Raikkonen bersalah dalam insiden tersebut dan dihukum penalti 30 detik sehingga posisi Raikkonen turun ke urutan kedelapan.

Dengan demikian, Mercedes yang menambah 25 poin lewat kemenangan Lewis Hamilton kini mengumpulkan 531 poin. Sementara dengan tambahan 22 poin –dari semula 28 poin– lewat Sebastian Vettel yang finis kedua dan Raikkonen di urutan kedelapan, Ferrari mengumpulkan 359 poin.

Dengan empat balapan tersisa, gelar juara dunia konstruktor dipastikan menjadi milik Mercedes. Mercedes yang tangguh di musim ini memang amat dominan dan sudah mencatatkan finis 1-2 sebanyak delapan kali dari 15 seri yang sudah digelar. Sejauh ini, mereka cuma dua kali gagal menempatkan pebalapnya di podium.

Ini menjadi gelar juara dunia konstruktor kedua secara beruntun untuk Mercedes. Tahun lalu, the Silver Arrows juga mengunci gelar di Sochi.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments