Foto: AFP Photo

Mercedes Akui Salah Perhitungan di GP Monaco

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

MONTE CARLO, suaramerdeka.com – Mercedes mengakui, jika mereka salah membuat perhitungan kala melakoni balapan di GP Monaco akhir pekan lalu.

Akibatnya, Lewis Hamilton yang mendominasi jalannya balapan, akhirnya harus puas finis ketiga karena masuk pit di akhir-akhir lomba. “Jawabannya adalah kami salah dalam membuat perhitungan,” ujar bos Mercedes, Toto Wolff, seperti dikutip BBC.

Dalam balapan di Circuit de Monaco, Minggu (24/5), Hamilton memulai balapan dari urutan terdepan dan mempertahankan posisinya hingga lap 64. Mulai saat itulah Hamilton dilanda kesialan.

Safety car masuk menyusul kecelakaan yang menimpa pebalap Scuderia Toro Rosso, Max Verstappen. Hamilton yang unggul hingga 20 detik dari pesaing terdekatnya kemudian diminta untuk masuk pit untuk mengganti ban.

Dalam perhitungan Mercedes, Hamilton akan bisa kembali memimpin saat masuk lagi ke lintasan. Tapi ternyata hal itu tidak terbukti. Saat kembali ke trek, Hamilton ada di urutan ketiga, berada di belakang Nico Rosberg dan Sebastian Vettel.

Di delapan lap yang tersisa, Hamilton tak mampu menyalip di lintasan jalanan yang dikenal sempit itu sehingga puas finis di posisi ketiga. Sementara kemenangan menjadi milik rekan setimnya, Rosberg. Mercedes mengaku salah perhitungan dan meminta maaf pada Hamilton.

“Kesalahan itu adalah dari tim dan saya minta maaf. Dia adalah pemimpin yang hebat dan pebalap luar biasa. Saya yakin dia akan mengerti kalau kadang kami membuat kesalahan,” katanya.

Usai balapan, Hamilton tampak tak mampu menyembunyikan kekecewaannya yang mendalam, bahkan saat di podium. Pebalap asal Inggris itu juga tak bisa mengekspresikan perasaannya terkait balapan yang dijalaninya itu.

Hasil di Monako memang tak menggoyahkan posisi Hamilton di puncak klasemen pebalap dengan 126 poin. Tapi keunggulannya dari Rosberg kini terpangkas menjadi tinggal 10 poin saja.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments