Foto: suaramerdeka.com / dok

Menpora Sesalkan TAFISA Games Tak Ada Gaung

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Menpora Imam Nahrawi menyesalkan minimnya sosialisasi Festival Olahraga Rekreasi Dunia atau TAFISA World Games 2016. Ajang yang diikuti sekitar 10 ribu peserta dari 70 negara ini akan dibuka di Jakarta, Kamis (6/10). Penyesalan Menpora ini wajar mengingat banyak masyarakat yang tidak tahu Olimpiade nya olahraga tradisional dan rekreasi tersebut.

Menurut Imam, seharusnya panitia mengemas perhelatan TAFISA Games lebih menarik supaya dikenal masyarakat. “Saya mengkritik perhelatan TAFISA Games dari sisi sosialisasi dan publikasi, yang selayaknya mampu melibatkan perhatian masyarakat luas. Apalagi even ini adalah perhelatan internasional, bahkan dunia. Jadi ini perlu diperhatiklan,” tegas Menpora di Jakarta, Rabu (5/10).

Imam mengemukakan, berbagai sosialiasasi selayaknya dilakukan jauh-jauh hari, bisa satu atau dua tahun sebelumnya. Sehingga tidak terkesan terburu-buru seperti yang dilakukan panitia saat ini dengan menyasar tujuh kota, yakni Cirebon, Pekalongan, Semarang, Solo, Salatiga, Yogyakarta dan Purwokerto.

Kota-kota tersebut disasar karena dianggap bisa terjangkau apabila warganya ingin menyaksikan pertandingan TAFISA di Jakarta. “Sosialiasasi harusnya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya, sehingga tidak terburu-buru dan hasilnya akan maksimal,” papar Imam.

Menpora menuturkan, sosialisasi TAFISA Games akan lebih efektif dilakukan menggunakan media massa agar masyarakat mengetahui secara luas, lengkap dan tidak sepotong-sepotong. “Jadi pengetahuan TAFISA Games itu lengkap, mulai acara, pembukaan hingga cabang olahraga yang akan dipertandingkan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, TAFISA Games akan mempertandingkan puluhan olahraga rekreasi dan tradisional dari berbagai negara seperti senam poco-poco, zumba, layang-layang, terompah panjang, pencak silat, egrang, sepeda onthel dan gulat tradisional. Selain itu ada olahraga ekstrem yang dipertandingkan seperti skateboard, BMX dan parkour.  Kegiatan TAFISA dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments