Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Menpora Minta Gubernur dan Bupati Ikut Perhatikan Atlet Tuna Grahita

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Untuk meningkatkan potensi atlet tuna grahita atauketerbelakangan mental, Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (PP SoIna) dimintabekerja keras. Bahkan, induk organisasi yang menaungi atlet tuna grahita tersebut diharapkan bersinergi dengan kepala daerah di Indonesia karena keberadaan tuna grahita banyak tersebar di daerah-daerah.

“Semoga pengurus baru bisa membantu meningkatkan potensi atlet. Selain itu mulai dari gubernur, bupati agar mencari anak-anak kita (tuna grahita) yang belum tersentuh, bahkan mungkin kita tidak tahu. Ini kesempatan yang baik untuk menggali, memanggil dan merekrut mereka. Perhatikan betul potensi bidang keolahragaan karena pastimereka punya itu,” ujar Menpora Imam Nahrawi usai melantik Kepengurusan PPSOIna 2015-2019 di Jakarta, Kamis (30/6).

Menurut Imam, kekuatan dan keunikan dari suatu organisasi sosial seperti SOIna adalah kombinasi dari bentuk kerelawanan, ketulusan, kemampuan, profesionalisme dan kreativitas para pengurusnya dalam bekerja dan berkarya.

Pihaknya mendorong agar SOIna bisa memunculkan atlet yangbisa membawa nama bangsa berkibar di dunia internasional. Bahkan, Kemenpora juga akan memberikan tali asih bagi atlet tuna grahita yang sukses meraih medali, seperti saat mengikuti Special Olympics World Summer 2015 di LosAngeles.

“Ini merupakan penghargaan dan perhatian negara, dan saya berharap halini dapat dilanjutkan pada tahun mendatang, ” jelas Imam.

Sejauh ini, Kemenpora sudah menetapkan pemberian bonus dan penghargaan bagi para atlet disabilitas yang meraih prestasi, seperti yang diterima pada atlet yang mengikuti Paralympic Games di Singapura.

Keputusan ini ditetapkan untuk memberikan kesetaraan dengan pihak atlet yangnormal.

“Pemerintah terus perhatikan seluruh atlet disabilitas karena harus ada penyamaan, penyetaraan baik dari sisi bonus maupun masa depan. Kami sudah melakukan tahapan ini untuk jangka panjang,” tambahnya.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments