Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Menpora: Jangan Gentar Hadapi Tiongkok

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

DONGGUAN, suaramerdeka.com – Tim bulu tangkis Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Sudirman 2015 setelah mengalahkan Taiwan dengan skor 3-1 di Dongfeng Nissan Sport Center, Dongguan, Tiongkok, Jumat (15/5). Selanjutnya di babak semifinal, Sabtu (16/5), Hendra Setiawan Dkk akan menantang tim tuan rumah sekaligus favorit juara, Tiongkok.

Menpora Imam Nahrawi bersyukur dan mengucapkan selamat atas keberhasilan tersebut. Cak Imam Juga mengingkatkan agar para pemain agar terus fokus menghadapi laga berikut menghadapi tuan rumah Tiongkok yang sehari sebelumnya menundukkan Jerman 3-0.

“Selamat buat Tim Indonesia yang sudah berhasil ke semifinal. Partai berikutya melawan Tiongkok tentu lebih berat, ini seperti partai final. Saya minta kepada seluruh pemain untuk tidak gentar dan tetap percaya diri menghadapi ketangguhan para pemain tuan rumah Tiongkok,” ujar Cak Imam.

Menurutnya, Tiongkok saat ini memang merupakan negara terkuat di cabang olahraga bulu tangkis. “Namun, tidak ada yang mustahil di dunia ini. Apalagi, kita juga masih memiliki beberapa pebulutangkis yang memiliki kualitas setara dengan pemain Tiongkok. Kita percayakan dan mari mendoakan pada para pebulutangkis nasional agar bisa mengalahkan tim tuan rumah,” jelasnya.

Indonesia memastikan diri ke semifinal setelah ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari membawa Tim Merah Putih unggul 3-1 dengan mengatasi pasangan Hsie Pei Chen/Wu Ti Jung, 21-14 dan 21-9.

Sebelumnya, Indonesia unggul 2-1 lewat sumbangan angka dari ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di partai pembuka, dan Jonatan Christie yang membuat kejutan dengan menaklukkan Hsu Jen Hao, 21-12, 13-21 dan 21-16. Taiwan mencuri satu poin lewat kemenangan tunggal putri Tai Tzu Ying atas Bellaetrix Manuputty di partai kedua.

“Semangat juang dan kejutan yang dibuat pemain muda Jonatan Christie menunjukkan bahwa para pemain kita sebenarnya juga bisa membuat hal serupa saat menghadapi Tiongkok. Pada perempat final Piala Sudirman 2013, Indonesia hanya kalah tipis 2-3 dari Tiongkok, besok menjadi kesempatan untuk membalas kekalahan,” tambah Cak Imam, politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Menpora, yang sempat memberi dukungan langsung di Dongfeng Nissan Sport Center dan kemudian makan malam bersama Tim Piala Sudirman Indonesia usai setelah mengalahkan Denmark, Rabu (13/5), tidak bisa menyaksikan pertandingan laga perempat final dan seterusnya karena harus kembali ke Tanah Air.

Sebelum kembali ke Indonesia, Menpora dan istrinya Shobibah Rohmah serta rombongan Kemenpora, melakukan ziarah ke makam Saad bin Abi Waqqash di komplek pemakaman Islam Guangzhou, Tiongkok pada Jumat (15/5) dan kemudian sholat Jumat di mesjid tertua di Tingkok, Masjid Huaisheng.

(Arif M Iqbal/CN39)

Comments

comments