Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Mengalahkan Rasa Takut

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

MEMBUANG jauh rasa takut bagi pesenam artistik putra Kota Semarang Dwita Rizal Nirwansyah merupakan hal tak mudah. Pada awal karirnya sebagai pesenam artistik putra  mahasiswa semester 2 Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan (PJKR FIK) Unnes itu, sering jatuh dari alat senam dan mengalami beberapa kali cedera.

Namun tekadnya yang kuat untuk terus mengejar prestasi, membuatnya bangkit kembali dan terus berlatih dengan lebih giat. “Awalnya saya itu cengeng dan penakut, tapi semenjak beberapa yunior saya tampil bagus, saya jadi termotivasi untuk tidak mau kalah dari mereka,” tutur Rizal, yang berlatih senam sejak duduk di kelas 2 SD Pudak Payung 01 itu.

Dorongan untuk bersaing dengan para yuniornya yang berusia jauh di bawahnya, seperti si kembar Sadam dan Satria, serta Zidan Ramadhani memacu putra bungsu dari dua bersaudara pasangan Agus Wiranto dan Darmi Susanti itu, rutin berlatih di Laboratorium Olahraga Prof Soegijono FIK Unnes Gunungpati di bawah bimbingan pelatih Felik Agusta.

Kedua orang tuanya terus mendukung Rizal untuk tampil menjadi pesenam profesional, bahkan sang kakak Norma Indah Nirmala yang lebih dahulu terlibat aktif dalam olahraga senam di kategori artistik putri, tak lupa terus memberi semangat, serta mendampingi sang adik untuk berlatih bersama di klub senam Wimilia Semarang.

Dengan tinggi badan 167 sentimeter dan berat 47 kilogram alumnus SMPN 26 Semarang dan SMKN 4 Jurusan Otomotif itu terus menjajal berbagai nomor artistik putra, seperti gelang-gelang, palang sejajar, palang tunggal, meja pelana, meja lompat, dan senam lantai.

Prestasi Rizal di disiplin senam artistik putra, antara lain meraih medali emas di nomor meja lompat dan medali perak di nomor meja pelana pada Pekan Olahraga Daerah (Popda) SMA se-Jawa Tengah 2015. Pada 2018 mendatang, Rizal diundang untuk memperkuat tim senam Kota Semarang yang akan tampil di Pekan Olahraga Provins (Porprov).

“Saya berharap selain tampil di Porprov nanti, saya masih punya kesempatan tampil memperkuat tim senam Jawa Tengah untuk PON XX di Papua 2020 mendatang,” harapnya.

(Joseph Army Sadhyoko / CN26)

Comments

comments