Foto: AP Photo

Menangi GP Malaysia, Vettel Akhiri Puasa Kemenangan Ferrari

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SEPANG, suaramerdeka.com - Puasa kemenangan Ferrari sejak GP Spanyol 2013 lalu akhirnya berakhir, setelah Sebastian Vettel memenangi GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/3). Pebalap Jerman itu sukses mengalahkan dua Mercedes Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Dalam balapan kali ini, Sebastian Vettel dan Nico Rosberg langsung bersaing ketat selepas start, sedangkan Lewis Hamilton mampu melakukan start dengan baik untuk menjaga posisi terdepan  Di pertengahan lap kedua ban kiri belakang Kimi Raikkonen terlihat sudah koyak parah sebelum akhirnya bisa masuk pit di putaran tiga.

Pebalap Sauber Marcus Ericsson tampak meluncur keluar lintasan di Sektor 1 lap ketiga. Bendera kuning pun dikibarkan dan tak lama berselang safety car terlihat bersiap-siap masuk ke lintasan.

Pada prosesnya hal itu digunakan sejumlah pebalap untuk masuk pit dan mengganti tipe ban pada mobilnya. Hamilton dan Rosberg termasuk di antara pebalap yang melakukannya dan membuat Vettel, yang memilih tidak masuk pit, kini tepat berada di belakang safety car.

Setelah safety car keluar di putaran ketujuh, Hamilton langsung melewati Sergio Perez untuk kini menempati posisi lima. Satu putaran kemudian giliran Rosberg menyalip lawannya untuk menghuni posisi delapan.

Memasuki putaran sepuluh, Hamilton berhasil merangsek ke posisi empat. Satu putaran kemudian Hamilton malah sudah berada di posisi dua setelah menyalip Romain Grosejan dan Nico Huelkenberg, dengan Vettel masih memimpin balapan.

Pada lap 13, Rosberg sudah berhasil menempati posisi tiga di belakang Hamilton yang masih terus mengejar Vettel di depan. Posisi pemimpin balapan baru berubah di putaran 18 setelah Vettel masuk pit dan kemudian balik ke lintasan di posisi tiga. Balapan kini kembali dipimpin oleh Hamilton dengan diikuti Rosberg.

Hamilton unggul tujuh detik dari Rosberg saat balapan memasuki putaran ke-20. Sedangkan Vettel tertinggal sekitar sedetik saja dari Rosberg. Sementara itu dua driver Williams, Massa dan Valtteri Bottas, ada di posisi empat dan lima. Sedikit ke belakang, Raikkonen, Alonso, dan Button secara berturut-turut ada di posisi delapan, sembilan, dan sepuluh.

Memasuki putaran 21, Vettel berhasil menyalip Rosberg untuk menempati posisi dua. Sebelum itu juga terdengar komunikasi radio yang menyatakan Alonso harus masuk pit di akhir putaran tersebut sekaligus menyudahi balapan sampai situ saja akibat masalah pada mobilnya.

Perubahan posisi terjadi di putaran 38, Vettel masuk pit dan membuat Hamilton berhasil mengambil alih posisi terdepan. Vettel lalu keluar dari pit dan masih berhasil mengungguli Rosberg untuk menempati posisi dua. Satu putaran kemudian Hamilton masuk pit untuk kali ketiga, membuat susunan pebalap terdepan kembali mengalami perubahan.

Dengan 10 putaran tersisa, Vettel cukup nyaman memimpin atas Hamilton dengan jarak sekitar 10 detik. Di posisi tiga Rosberg juga terpaut cukup jauh dari rekan setimnya. Pada akhirnya Vettel pun berhasil mempertahankan posisi tersebut sampai garis finis, dengan Hamilton dan Rosberg finis di belakangnya.

Selain menyudahi puasa kemenangan Ferrari, kemenangan itu sekaligus menjadi kali pertama Vettel naik podium tertinggi lagi sejak GP Brasil 2013. Untuk Vettel, ini juga melengkapi awal impresifnya dengan Ferrari yang baru ia bela musim ini, setelah pada balapan pertama di Australia lalu berhasil naik podium ketiga.

Hasil GP Malaysia

1. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari 56 laps 1hr 41m 05.793s
2. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes +8.5s
3. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +12.3s
4. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +53.8s
5. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +1m10.4s
6. Felipe Massa Williams-Mercedes +1m13.5s
7. Max Verstappen Toro Rosso-Renault +1m 39.0s
8. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault +1 lap
9. Daniil Kvyat Red Bull-Renault +1 lap
10. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +1 lap
11. Romain Grosjean Lotus-Mercedes +1 lap
12. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap
13. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap
14. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +1 lap
15. Roberto Merhi Manor-Ferrari +3 laps

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments