Foto: crash.net

Menangi GP Inggris, Hamilton Merasa Puas

Foto: crash.net

Foto: crash.net

NORTHAMPTONSHIRE, suaramerdeka.com - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton merasa puas dengan kemenangan yang diraihnya di GP Inggris. Satu hal yang membuatnya puas adalah keputusan tepatnya dalam mengganti ban sehingga dia mampu menuntaskan balapan di posisi pertama.

“Saya rasa secara keseluruhan, ini merupakan kerja tim yang bagus. Saya bisa melihat cuaca semakin memburuk, dan Anda berpikir ‘tolong tunggu dulu’,” kata Hamilton dikutip Crash.

Hamilton sebenarnya sempat mendapat kesulitan dalam balapan yang berlangsung di sirkuit Silverstone, Minggu (5/7) malam WIB. Start kurang sempurna membuatnya kehilangan posisi terdepan dan melorot ke urutan tiga dan cukup lama tertahan di belakang duo Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas.

Hamilton lantas berhasil memimpin balapan setelah masuk pit pada putaran ke-20 dan dia berhasil melewati Massa dan Bottas yang baru masuk pit di putaran berikutnya.

Beberapa lap kemudian, Hamilton bahkan mampu menjauhkan keunggulannya hingga lebih dari 5 detik atas Massa. Namun tantangan lain menghadang. Hujan ringan di sejumlah sektor yang sebelumnya turun, berangsur lebih deras dan merata memasuki 10 putaran terakhir.

“Kalau tidak hujan, maka bagus. Tapi jika benar-benar hujan, itu membuat segala sesuatunya jauh lebih sulit. Saya beri tahu, ini adalah salah satu balapan paling tricky yang pernah saya jalani di sini. Tentu saja pada 2008 balapannya sangat sulit, tapi ini tetap sangat-sangat menyulitkan,” kata dia.

Hamilton pun diuntungkan karena sempat masuk pit dan memasang ban intermediate. Berkat keputusan ini — Nico Rosberg yang menguntit mengganti ban satu putaran lebih lambat– Hamilton mampu menjaga keunggulan sampai usai. Dia menuntaskan balapan 10,9 detik lebih cepat dari Rosberg.

“Rasanya saya sempat kehilangan temperatur di ban depan. Selalu lebih sulit bagi pebalap yang keluar dari trek untuk masuk pit pada saat memimpin, karena Anda adalah yang pertama melakukannya dan seberapa besar risikonya jadi pertanyaan.”

Kemenangan di GP Inggris ini jadi kemenangan yang kelima bagi Hamilton sepanjang musim 2015. Saat ini dia memimpin klasemen dengan nilai 194, diikuti Rosberg, sang rekan setim, yang mengumpulkan 177 angka.

“Saya pikir ini adalah kali pertama dalam karier F1 saya di mana saya membuat keputusan yang tepat secara sempurna dalam hal masuk ke pit. Karena saya sudah melihat hujan bakal turun lebih deras daripada sebelumnya, jadi saya sangat senang dengan itu,” tandas pebalap 30 tahun itu.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments