Foto: suaramerdeka.com / dok

Medina dan Yoseph Raih Gelar IM Putra

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pecatur putri andalan Indonesia, WGM Medina Warda Aulia berhasil menggenggam gelar master internasional (IM) putra usai meraih tujuh angka dari 11 babak yang dilakoni pada Japfa Chess Festival 2017 di Jakarta, Jumat (19/5). Dia butuh perjuangan ekstra keras untuk merengkuh gelar yang diidam-idamkan tersebut.

Sebab gelar itu hampir saja hilang kalau babak pamungkas kalah dari pecatur India, IM Sagar Shah. Beruntung, atlet pelatnas yang sebelumnya sudah mengantongi 6,5 poin itu bisa mengakhiri permainan dengan hasil remis. Sehingga angka yang dikumpulkan menjadi 7 poin. Kini, Medina juga berhak mencantumkan gelar IM di depan namanya, dan tak lagi menggunakan WGM (Woman Grand Master).

Selain Medina, FM Yoseph Taher juga meraih gelar lebih dulu. Dia mendapatkan IM ketika di babak kesembilan mendapatkan angka 5,5. Sedangkan FM Novendra Priasmoro meraih norma IM untuk kali keempatnya, hanya saja belum berhak memakai gelar itu lantaran syarat satunya belum terpenuhi, yakni elorating belum mencapai minimal 2.400. Saat ini, Novendra baru mengoleksi elorating 2.368.

Medina mengaku lega dengan torehan tujuh poin yang didapat dari turnamen kali ini. Apalagi, sebelum memulai turnamen targetnya bukan juara, melainkan meraih gelar. “Target awal dapat norma IM dan itu sudah saya peroleh, dan poin tujuh buat saya sudah lumayan bagus,” terang Medina usai laga.

Sebenarnya, pecatur 20 tahun ini memiliki kesempatan meraih gelar sejak awal pada ronde kesembilan. Kala itu, poin yang dikumpulkan sudah 5,5 angka. Sesuai peraturan khusus pecatur putri, dia berhak menggenggam gelar IM putra hanya bermodal enam poin untuk sembilan babak. Namun, dia saat itu justru ditaklukkan pecatur Vietnam, IM Vo Thanh Ninh. “Mungkin karena kemarin mikirnya tinggal butuh draw, jadi nafsu mainnya, akhirnya tidak konsentrasi. Pikiran saya hanya draw, draw dan draw sehingga menyebabkan kekalahan,” ungkap Medina.

Kabid Pembinaan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem mengaku puas dengan torehan ketiga pecatur muda binaannya tersebut. Menurut Kris, pihaknya akan terus memberikan kesempatan kepada mereka agar ke depan kualitasnya lebih baik dan meraih gelar tertinggi. “Tentu sangat puas dengan hasil yang diraih Medina, Yoseph dan Novendra. Mereka bisa mewujudkan target sejak awal,” terang Kristianus.

Sementara untuk juara turnamen kategori ini diraih pecatur Filipina, IM Pascua Haridas yang mengumpulkan 7,5 poin, disusul IM Vo Thanh Ninh dengan torehan tujuh poin. Peringkat ketiga hingga keenam diisi pecatur Indonesia, masing-masing Novendra Priasmoro, Medina Warda Aulia, Yoseph Taher dan FM Arif Abdul Hafiz. Sedangkan posisi ketujuh hingga ke-12 ditempati WGM Deysi Cori Tello (Peru), WGM Mitra Hejazipour (Iran), Surya Wahyudi, IM Alina L’Ami (Rumania), IM Sagar Shah (India) dan FM Jodi Setyaki.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments