Foto: suaramerdeka.com / dok

Medina Berpeluang Raih Norma IM

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pecatur wanita Indonesia, WGM Medina Warda Aulia berpeluang besar meraih norma master internasional (IM) pada turnamen Japfa Chess Festival 2017. Hingga pertandingan babak keenam yang digelar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Selasa (16/5), pecatur pelatnas tersebut sudah mengumpulkan empat poin.

Dia hanya kalah pada ronde pertama oleh rekan senegara, FM Novendra Priasmoro. Selanjutnya pada babak kedua hingga keenam, Medina menang tiga  kali dan remis dua kali. Dia butuh tiga kemenangan lagi untuk mengejar target norma IM. Namun untuk menggapai target tersebut tentu tak mudah.

Sebab, dia harus bertemu dengan para pecatur mancanegara. Pada ronde ketujuh misalnya, dia harus bentrok lawan pecatur Rumania, IM Alina L’Ami. Pada ronde kedelapan, Media akan berhadapan dengan  pecatur Iran WGM Mitra Hejazipour. Adapun di babak sembilan dan 10, dia ditantang pecatur Vietnam dan Peru, masing-masing IM Vo Thanh Ninh dan WGM Deysi Cori Tello.

Untuk babak pamungkas, Medina juga sudah ditunggu pecatur India, IM Sagar Shah. Pecatur Indonesia lain, Novendra Priasmoro dan FM Yoseph Taher juga memiliki kans meraih norma IM. Keduanya sama-sama mengumpulkan 3,5 poin dan  menempati peringkat ketiga dan keempat klasemen sementara di bawah pemuncak pecatur Filipina IM Haridas Pascua dan Medina Warda Aulia.

Plt. Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto optimistis para pecatur binaannya bisa juara sekaligus meraih norma IM. Masih ada lima ronde lagi yang akan dilakoni, sehingga peluang untuk mencapai target cukup terbuka. “Kami terus memberi motivasi agar pecatur kita mendapat norma IM. Kalau mereka meraih norma yang diinginkan, tentu kualitasnya agar semakin baik,” terang Utut.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments