Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

Medali Pertama PON XIX Akan Diperebutkan di Cabang Renang

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Medali pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX bakal diperebutkan dari gelanggang renang mulai Rabu (14/9) mendatang. Tak tanggung-tanggung, tujuh keping emas langsung disediakan dari lintasan kolam renang UPI Bandung pada hari pertama perlombaan.

“Renang bahkan dalam tiga hari berturut-turut menyediakan total 21 medali emas,” tandas Kabid Pertandingan PON XIX, Yudha Munajat Saputra di sela-sela istighosah kelancaran PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Bandung, Jumat (9/9).

Di hari yang sama, drumband yang merupakan cabor resmi PON memainkan perlombaan di Bogor juga menyediakan dua emas guna dibagikan kepada pemenang. Medali sebanyak itu menjadi bagian dari total 75 keping emas yang disediakan sebelum pembukaan ajang multievent nasional tersebut dilakukan.

Kondisi itu membuat persaingan antar kontingen bakal terjadi di awal-awal karena 10 persen dari total 756 medali emas langsung diperebutkan. Selain renang dan drumband, ada empat cabor lainnya yang menawarkan emas.

Kelima cabor tersebut adalah dayung (Karawang) yang menawarkan sebanyak 14 emas dalam pelaksanaan selama dua hari berturut-turut 16-17 September, kemudian judo (GOR Saparua Bandung) dengan delapan emas di hari pertama, catur (Hotel Homann Bandung) 4 emas pada 15 September, dan selam kolam (Cirebon) delapan emas pada 16 September mendatang.

Dengan jumlah emas yang diperebutkan cukup signifikan akan menjadikan kontingen harus memutar otak dalam mengatur strategi. Terlebih, cabor-cabor yang dipertandingkan merupakan cabor gemuk karena merupakan lumbung emas yang berpotensi mendongkrak klasemen dalam perolehan medali.

(Setiady Dwi / CN26)

Comments

comments