Foto: Crash.net

Masalah Ban Buat Lorenzo Menahan Diri Kejar Rossi

Foto: Crash.net

Foto: Crash.net

JEREZ, suaramerdeka.com – Jorge Lorenzo menyebut jika permasalahan ban membuat dirinya harus menahan diri untuk mengejar Valentino Rossi di MotoGP Spanyol.

“Laju dari awal memang tidak terlalu kencang. Rossi sedikit lebih cepat dari saya di awal balapan, tapi di tengah-tengah saya bisa menjaga jarak dengannya,” ujar Lorenzo dikutip Motorsport.

Pada balapan di Sirkuit Jerez, Lorenzo harus puas finis kedua lantaran tak mampu mengikuti laju rekan setimnya, Rossi, yang melesat sejak awal.

Rossi memang tampil dominan, karena sempat memimpin lebih dari tiga detik dari Lorenzo hingga akhirnya finis dengan jarak 2,386 detik di depan. Lorenzo pribadi mengakui dari awal lajunya sudah kurang oke, tapi problem ban jadi faktor utama dia gagal mencoba mengejar Rossi.

“Ketika saya mencoba mengejarnya, tiba-tiba bagian tengah ban di lintasan lurus ketika saya memasukkan gigi tiga, empat, dan lima, mengalami selip seperti saya sedang menggunakan ban basah. Di tengah lintasan lurus saya cuma bisa memutar gas 80 persen, jadi saya kehilangan banyak waktu,” kata dia.

Pada tengah balapan, Lorenzo memang sempat menipiskan gap dari tiga detik menjadi hanya sekitar dua detik. Namun jarak itu pada akhirnya kembali melebar. Usai balapan, juara dunia musim lalu itu mengatakan bannya berputar abnormal sehingga tak bisa menggeber pol gasnya.

“Sangat disayangkan mengenai hal ini. Saya sempat sangat tangguh, saya mungkin bisa memenangi balapan dengan margin cukup besar. Tapi dengan problem perputaran ban ini saya tidak bisa berusaha lebih banyak dan harus memelankan laju dan menuntaskan saja balapannya,” tandas pebalap 28 tahun ini.

Posisi kedua ini membuat Lorenzo masih tetap di posisi dua klasemen dengan nilai 65. Di depannya adalah rider Repsol Honda Marc Marquez dengan 82, yang finis ketiga di balapan ini sementara Rossi di peringkat tiga dengan 58 angka.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments