Foto: AFP Photo

Marquez Akui Raih Kemenangan Sulit di Sachsenring

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

SACHSENRING, suaramerdeka.com – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez  menilai kemenangan yang didapatnya di MotoGP Jerman diraihnya dengan suulit meski meraih dengan gap yang besar dari rival-rivalnya.

“Jujur saja, tadi sangat-sangat sulit karena di ban-ban basah, kurasa aku memilih [kompon] depan yang salah untuk gaya balapku. Aku memakai ekstra-lunak, seperti yang lain, seperti Valentino dan Jorge, tapi untukku justru membuatku sangat kesulitan,” ungkap Marquez seusai balapan yang dikutip Motorsport.

Dalam balapan di Sachsenring, Marquez menjadi pebalap terdepan setelah mencatatkan waktu 47 menit 03,239 detik atau unggul nyaris 10 detik dari Cal Crutchlow di posisi kedua. Bahkan, dia unggul 11,6 detik atas Andrea Dovizioso yang finis ketiga.

Akan tetapi, balapan tidak berjalan semudah kelihatannya bagi Marquez. Dia sempat tercecer di luar 10 besar dan keluar lintasan di tikungan delapan.

“Sebelum balapan Anda memikirkan tentang seluruh kemungkinan. Aku memiliki sebuah momen besar di ban hujan, tapi kemudian aku bilang ‘OK, ini akan menjadi sebuah balapan flag to flag’ karena lintasan semakin kering dan kering.”

Marquez justru lambat karena menggunakan kompon ban basah yang lunak sehingga dia masuk pit lebih dini untuk memakai ban kering di motor keduanya. Strategi itu justru berhasil karena Marquez kemudian melesat untuk mengakhiri balapan dengan dominan.

“Ketika aku melihat kemungkinan minimal, aku masuk pit dan mengganti motor — OK, itu memang masih awal dan di tikungan 1, 3, dan 9, lintasan benar-benar masih basah — karena kemudian lebih mudah untuk mendapatkan ritme. Tapi aku sudah banyak mengalami kesulitan dengan ban hujan yang salah, dan itulah mengapa aku membuat kesalahan di tikungan 8.”

“OK, aku mengambil banyak risiko di lap-lap pertama, ada banyak bagian kecil yang kering tapi aku mulai merasakan motor lagi dan mulai menekan. Lalu ketika aku melihat bahwa aku memimpin balapan dengan selisih 20 detik, lalu lap-lap terakhir terasa begitu menyenangkan,” ucap pebalap juara dunia MotoGP dua kali ini.

Ini adalah kemenangan ketujuh beruntun Marquez di Sachsenring di seluruh kelas.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments