marin cilic-AP

Marin Cilic Juara AS Terbuka 2014

marin cilic-AP

Foto: AP Photo

- Gelar juara AS Terbuka tunggal putra akhirnya menjadi milik Marin Cilic usai sukses mengalahkan Kei Nishikori dalam final yang dihelat Selasa (8/9) pagi. Bermain di Arthur Ashe Stadium, petenis asal Kroasia mengalahkan Nishikori dengan kedudukan 6-3, 6-3 dan 6-3.

Kedua petenis sendiri terlibat pertarungan seimbang di awal set pertama. Sama-sama membidik gelar Grand Slam pertamanya, kedua petenis terlihat percaya diri dan saling terus berhasil memenangi servisnya masing-masing.

Usai Cilic berhasil mem-break servis Nishikori untuk membuatnya unggul 4-2, situasi pun berubah. Cilic kemudian berhasil menambah keunggulan menjadi 5-2 sebelum akhirnya merebut set awal dalam kedudukan 6-3.

Di awal set kedua, penampilan Cilic makin oke dengan berhasil mematahkan servis Nishikori pada game ketiga yang membuatnya unggul 2-1. Tekanan pada Nishikori makin menjadi setelah dia kembali kehilangan servis dalam yang membuatnya tertinggal 5-2. Meski Cilic sempat gantian di-break, dia kembali menyudahi set ini dengan 6-3.

Di set penentuan Cilic kembali lebih dominan dan berulang kali memaksa Nishikori melakukan kesalahan dengan mengarahkan bola ke backhand saat lawannya berada di baseline. Senjata ini membuat Cilic kembali sukses mem-break lawannya di game keempat dan membuatnya unggul 3-1.

Mengandalkan servis kerasnya yang berujung ace membuat Cilic berhasil merebut game selanjutnya. Dan laju Cilic untuk merebut gelar Grand Slam pertamanya gagal dihadang Nishikori, set ketiga sekali lagi tuntas dengan kedudukan 6-3 sekaligus memastikan gelar AS Terbuka.

Ini adalah kali pertama petenis 25 tahun itu memenangi gelar Grand Slam. Prestasi tertinggi Cilic sebelumnya adalah semifinal Australia Terbuka 2010 serta perempatfinal Wimbledon 2014. Kemenangan atas Nishikori juga membuat Cilic memperbaiki rekor head to head-nya dengan petenis Jepang itu. Dari delapan pertemuan, Cilic kini meraih kemenangan di tiga kesempatan.

(Andika Primasiwi, rtr /CN26)

Comments

comments