Maret, Pelatnas APG 2017 Dimulai

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Pelatnas untuk menghadapi ASEAN Para Games (APG) 2017 segera digelar. National Paralympic Committee (NPC) Indonesia telah mengagendakan training camp (TC) bagi para atlet difabel tersebut akan dilakukan di Solo mulai Maret mendatang.

”Pelaksanaan pelatnas dimajukan, karena informasinya APG Malaysia 2017 akan diselenggarakan pada Januari atau Februari tahun depan. Jadi sisa waktu persiapan untuk menghadapinya, relatif pendek,” kata Humas NPC Heri ”Gogor” Isranto, Selasa (26/1).

Berapa jumlah atlet yang akan dipanggil guna menjalani pelatnas, dia mengaku belum tahu detailnya. Gogor hanya memperkirakan, total atlet yang mendukung skuat Merah-Putih di pesta olahraga difabel se-Asia Tenggara tersebut paling tidak sama dengan atlet untuk APG Singapura 2015.

Pada pelatnas APG Singapura, jumlah awal atlet yang dipanggil sekitar 250, namun kemudian disusutkan menjadi sekitar 190 orang. ”Bahkan bisa jadi jumlah peserta pelatnasnya nanti bertambah. Yang jelas, para peraih medali emas pada APG Singapura tahun lalu, diprioritaskan untuk kembali masuk dalam TC mendatang,” tambah dia.

Gogor mengungkapkan, kemungkinan penambahan jumlah atlet terbuka, karena cabang-cabang yang diikuti Indonesia pada pesta olahraga difabel dua tahunan tersebut, dipertimbangkan untuk ditambah.

Pada APG Singapura 2015, kontingen Merah-Putih bersaing di sebelas cabang, yakni panahan, atletik, badminton, 7 side football, catur, goal ball, angkat berat, menembak, renang, tenis meja dan ten pin bowling. Hasilnya, Indonesia menempati peringkat kedua perolehan medali di bawah Thailand. Sebanyak 81 emas, 74 perak, dan 63 perunggu dibawa pulang paralimpian Merah-Putih.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments