Foto: crash.net

Manuver Hamilton Membuat Rosberg Heran

Foto: crash.net

Foto: crash.net

BARCELONA, suaramerdeka.com – Nico Rosberg mengaku heran dengan manuver yang dilakukan Lewis Hamilton sehingga menyebabkan insiden yang membuat keduanya gagal finis di GP Spanyol.

“Saya melakukan start bagus dan sempat sangat bersemangat dengan manuver di tikungan pertama dan mendapatkan posisi terdepan, kemudian saya yakin itu adalah balapan untuk saya menangi,” ujar Rosberg dikutip Crash.

Dalam balapan di Sirkuit Catalunya, Rosberg dan Hamilton tak bertahan hingga satu putaran usai bertabrakan menjelang tikungan empat selepas start dan sama-sama tak bisa melanjutkan balapan.

Ketika itu Rosberg yang start di belakang Hamilton, berhasil merebut posisi terdepan memasuki tikungan pertama. Tapi di tikungan ketiga, Rosberg tampak melambat dan didekati Hamilton.

“Keluar dari tikungan tiga, saya menyadari bahwa saya kehilangan tenaga mesin. Sekarang saya tahu itu karena saya berada di mode mesin yang salah,” tambah Rosberg.

Di lintasan lurus menjelang tikungan empat –belokan ke arah kanan– Hamilton lantas mencoba melakukan manuver, sementara Rosberg berupaya mempertahankan posisi dengan bergerak ke kanan. Ini membuat jalur dalam tertutup. Hamilton yang sudah terlanjur dekat kemudian terdesak ke luar lintasan aspal.

Mobil Hamilton lantas tergelincir karena mobilnya melintasi bagian rumput yang licin, hingga melintir dan menabrak Rosberg dan terseret ke gravel.

Rosberg mengakui dirinya sempat melakukan kesalahan dengan memasang mode mesin yang salah sehingga lajunya melambat di tikungan tiga. Tapi dia menilai Hamilton sedikit terlalu ambisius kala mencoba menyalip dengan celah yang amat sempit.

“Saya melihat Lewis mendekat dan sesegera mungkin saya menutup celah, saya masuk ke bagian dalam tikungan. Itu adalah pergerakan yang jelas dan kuat, untuk memastikan dia paham tidak akan ada ruang di sana dan saya sangat terkejut dia tetap mengambilnya.”

“Lalu begitulah, kemudian kami berada di pasir. Saya tidak terkejut karena saya tidak melihatnya, saya saat itu terkejut dia nekat mengambil dari celah di dalam,” tandas pebalap 30 tahun ini.enjaga kecepatan saya setelahnya, juga ban saya, dan saya berhasil mempertahankannya dengan baik,” kata Rosberg.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments