Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Manor Ingin Rio Haryanto Bergabung Semusim

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pembalap Formula One (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto diharapkan terus bergabung di Manor Racing Team (MRT) selama satu musim. Harapan itu bahkan langsung disampaikan petinggi Manor kepada manajemen Rio.

“Manor sebenarnya senang kalau Rio bisa terus sampai satu season. Kini kami sedang berusaha mencari sponsor,” kata ibu Rio, Indah Pennywati kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/6).

Meski demikian, pihaknya tetap was-was karena kekurangan dana yang harus disetor ke tim asal Inggris tersebut belum dilunasi. Bahkan sudah melebihi tenggat waktu yang ditetapkan. “Mereka gak menyebut Mei atau Juni (deadline pembayaran). Soalnya sudah lewat karena semestinya April kemarin. Tapi kami tetap berusaha cari sponsor tersebut,” jelas Indah.

Sebagai pay driver, pembalap asal Solo tersebut harus membayar 15 juta euro atau setara Rp 225 miliar kepada Manor. Sejauh ini, uang yang sudah disetor baru 8 juta euro atau sekitar Rp 125 miliar. Dana itu berasal dari Pertamina selaku sponsor sebesar 5 juta euro dan usaha manajemen Rio sebanyak 3 juta euro. Kekurangan 7 juta euro masih ditunggu tim yang bermarkas di Inggris tersebut.

Belum lama ini, Pemerintah meminta manajemen Rio untuk melobi Manor agar mau memperpanjang deadline menjadi Juni. Harapannya, dalam acara buka bersama spesial bersama petinggi BUMN menghasilkan sponsor untuk Rio.

Namun Indah memastikan sampai saat ini sponsor dari BUMN belum ada kepastian. “Belum ada kabar soal buka bersama BUMN. Yang jelas kami usahakan semaksimal mungkin agar Rio bisa balapan full season,” terangnya.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments