Foto: Jean-Francois Monier / AFP Photo

Lorenzo Tebar Ancaman

Foto: Jean-Francois Monier / AFP Photo

Foto: Jean-Francois Monier / AFP Photo

LE MANS, suaramerdeka.com – Pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo (Spanyol) mengakhiri latihan bebas kedua Monster Energy Grand Prix de France, di Le Mans Bugatti, Maine, dengan keunggulan yang jelas dari para rivalnya. Setelah melahap 19 lap, ia menorehkan waktu terbaik semenit 32,830 detik.

Jagoan Ducati, Andrea Iannone (Italia) menguntit di peringkat dua dengan selisih lebar 0,339 detik. Diikuti Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) yang tertinggal hampir setengah detik. Bahkan rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi (Italia) yang menjuarai seri sebelumnya di Jerez, Spanyol, terlempar di posisi 10 dengan jarak 1,144 detik.

Lorenzo berhasil memperbaiki catatan waktunya pada free practice pertama. Dengan ”hanya” mencatat waktu terbaik semenit 34,086 detik, ia menempati posisi kedua di belakang Dani Pedrosa (Repsol Honda/Spanyol) yang unggul 0,044 detik. Pada latihan bebas pertama ini, Marquez berada di posisi ketiga, semetara Rossi di peringkat lima, di belakang Andrea Dovizioso (Ducati/Italia).

Keunggulan tegas Lorenzo pada latihan bebas kedua  menjadi bukti kesiapan juara dunia 2015 itu, mempertahankan podium teratas Le Mans yang direbut tahun lalu.  Setelah dipencundangi Rossi di Jerez, Lorenzo jelas membutuhkan persiapan prima untuk dapat meraih poin maksimal 25 pada race Minggu (8/5) lusa.

Setelah empat seri, ia kini berada di peringkat dua dengan 65 angka. Marquez yang telah menjuarai dua seri berada di peringkat pertama (82), sementara Rossi di peringkat tiga (58).

Hanya ketiga pembalap yang mempunyai ”hubungan unik”, usai serangkaian insiden pada musim-musim sebelumnya dan diperumit tahun lalu itu, yang mampu juara dalam empat seri yang telah berjalan. Mereka merupakan tiga rider utama yang berebut jura dunia 2016 ini.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

Comments

comments