Foto: Getty Images

Lorenzo Klaim Dirinya Layak Jadi Juara Dunia

Foto: Getty Images

Foto: Getty Images

VALENCIA, suaramerdeka.com – Jorge Lorenzo menegaskan jika dirinya memang pantas menjadi juara MotoGP musim ini. Terlepas dari kontroversi yang meliputi persaingan menuju juara dunia, statistik di sepanjang musim membuktikan hal tersebut.

“Jika Anda melihat statistiknya, dibandingkan dengan rival saya (Rossi), kami mengalahkan dia dalam segalanya, segalanya. Jumlah kemenanga, pole position, lap tercepat, jumlah lap saat memimpin balapan. Cuma dalam jumlah podium dan konsistensi mereka mengalahkan kami,” ucap Lorenzo usai balapan.

Lorenzo memastikan gelarnya usai menang dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2015) malam WIB. Lorenzo menjadi juara sementara Rossi finis di posisi empat.

Dengan komposisi seperti itu Lorenzo memuncaki klasemen akhir dengan 330 poin dipunya, mengungguli Rossi yang mengoleksi 325 poin. Keunggulan lain yang dipunya Lorenzo atas Rossi adalah jumlah kemenangan, 7:4.

Catatan lainnya adalah keberhasilan Lorenzo yang mengungguli Rossi dalam jumlah pole positon, jumlah lap dalam posisi memimpin balapan, dan menjadi yang tercepat di sesi latihan.

Untuk konsistensi, Rossi adalah yang terbaik di musim ini karena dia tercatat cuma tiga kali gagal naik podium dari 18 balapan. Itu terjadi di San Marino (5), Australia (4) dan Valencia (4). Sementara Lorenzo enam kali terlempar dari podium, termasuk saat gagal finis di San Marino.

Lorenzo sendiri mengawali musim dengan kurang meyakinkan setelah gagal naik podium di tiga balapan pertama. Namun setelah itu dia meraih empat kemenangan beruntun sehingga bisa merapatkan jarak dengan Rossi.

“Hanya di awal musim saya buruk. Itu membuat saya tidak bisa sampai di Valencia dengan keunggulan mungkin 20, 30, atau bahkan 40 poin. Dan itu jelas. Setiap orang yang tahu soal motor, yang melihat saya di lintasan, yang melihat saya di televisi dan tidak mendukung siapapun, dia akan bisa melihat itu,” ucap Lorenzo di motorsport.com.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments