Foto: Jean-Francois Monier / AFP Photo

Lorenzo Akui Terkendala Masalah Ban di Catalunya

Foto: Jean-Francois Monier / AFP Photo

Foto: Jean-Francois Monier / AFP Photo

MONTMELO, suaramerdeka.com – Jorge Lorenzo angkat bicara soal penuruan performanya di MotoGP Catalunya, di mana dia sempat memimpin balapan sebelum disalip oleh rival-rivalnya.

“Pada awalnya saya membuat start yang bagus dan dengan ban baru saya kurang lebih berada di level yang sama dengan pebalap-pebalap lainnya. Namun, seperti yang sudah saya ketahui sebelum balapan, jika ban depan mulai aus saya akan kesulitan. Inilah yang terjadi,” jelas Lorenzo yang dikutip Crash.net.

Mengawali balapan dari posisi kedua, pebalap Movistar Yamaha itu melakukan start dengan sangat baik. Dia memimpin lomba saat memasuki tikungan pertama dan mempertahankan posisi teratas hingga enam lap pertama.

Namun berturut-turut, Lorenzo kemudian disalip rekan setimnya, Valentino Rossi, Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Maverick Vinales. Lorenzo pun berada di posisi kelima pada lap ke-12 sebelum akhirnya mengakhiri balapan lebih cepat karena crash usai diseruduk Andrea Iannone di lap ke-17..

“Rossi, dengan motor yang sama, tak terlalu merasakan hal ini. Sepertinya dia mengendarai motor dengan cara yang berbeda dengan saya dan dia bisa lebih menjaga ban depan. Dia juga sangat bagus dalam kondisi-kondisi sulit, dalam kondisi tanpa grip,” tambahnya.

Rossi akhirnya tampil sebagai pemenang balapan setelah mengalahkan Marquez. “Dia (Rossi) menjalani balapan yang luar biasa. Saya tidak bisa membalap seperti dia dan tidak bisa mengubah gaya balap saya untuk mencegah masalah pada ban depan, di sepanjang akhir pekan. Inilah kebenarannya,” kata Lorenzo.

Hasil di Catalunya membuat Lorenzo turun ke posisi kedua klasemen MotoGP. Dia mengumpulkan 115 poin, di bawah Marquez yang punya 125 poin serta di atas Rossi yang punya 103 poin.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments