Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Livoli Divisi Satu Digelar di Semarang, Divisi Utama di Blora

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Turnamen bola voli amatir Tanah Air segera diputar di dua tempat diJawa Tengah, yaitu Semarang dan Blora. Untuk Semarang akan jadi tuan rumah PGN Livoli Divisi Satu yang dipusatkan di GOR Wujil, Ungaran, mulai 6-13 Novembermendatang. Sedangkan Blora dipakai PGN Livoli Divisi Utama dan akandilangsungkan di GOR Mustika, 4-11 Desember 2016.

Wakil Ketua V Bidang Kompetisi PP PBVSI Reginald Nelwan mengutarakan, turnamen Livoli berbeda dengan Proliga yang memperbolehkan meminjam dari klub lain ataubahkan menyewa pemain asing. Untuk Livoli yang skalanya amatir, menurut dia,pemain harus terdaftar pada klub bersangkutan minimal satu tahun.

“Kalau ada pemain yang belum mencapai satu tahun, lalu ingin bermain di klub laintentu tidak bisa. Pernah kejadian pada salah satu klub tahun 2014. Mereka mendatangkan pemain, tapi belum sampai satu tahun di klub, akhirnya tidak bisa memakai jasa pemain itu. Kami akan tegas saat temu manajer nanti,” kata Reginald didampingi Kepala Departemen Hubungan Kelembagaan PT PGN Santiaji Gunawan saat sesi temu wartawan di Jakarta, Rabu (2/11).

Untuk Livoli Divisi Satu, ada 13 tim putra dan 13 putri yang akan bersaing. Mereka berasal dari sembilan provinsi di Indonesia. Tim putra diramaikan Surya Muda, Porvid Sukun, Ivokas (Jateng), Bank Sumut, Mabes TNI, Asabri, Viking (DKI Jakarta), Putera Semeru, Amanah (Jatim), Ganevo (DI Yogyakarta), Borneo (Kaltim), Perdapa dan Alko (Jabar).

Sedangkan di bagian putri ada Vita Solo, Ivokas, Voska ASMI (Jateng), Popsivo Polwan (Banten), Bharata Muda, Bravo (DKIJakarta), Putri Banyuwangi, Dinas Pengairan, Bintang (Jatim), JWS (Sulut), VeniVidi Vici (Kaltim), Tektona dan Pertiwi (Jabar).

“Sebagai tuan rumah, Jateng diperkenankan untuk mengirim lebih dari dua tim. Sehingga tahun ini Jateng akan diwakili tiga tim putra dan tiga putri,” jelasnya.

Adapun untuk Divisi Utama yang akan diselenggarakan di Blora, terdapat delapan tim putra dan delapan putri. Dua tim yang baru promosi dari Divisi Satu, TNI AL dan Pasundan Bandung (putra) serta Vobgard Jakarta dan Mitra Kencana Semarang (putri) akan melengkapi enam tim yang telah berada di Divisi Utama sebelumnya.

Keenam tim putra sebelumnya adalah Mars Probolinggo, Samator, TNI AU, YusoYogya, Indomaret Sidoarjo dan Berlian Semarang. Sedangkan di bagian putri ada Alko Bandung, LNG Bontang, Petrokimia Gresik, TNI AU, Bank Jatim dan Mabes TNI. “Nantinya dua tim terbawah akan terdegradasi ke Divisi Satu,” ujar Reginald.

Sementara itu, PT PGN selaku sponsor memiliki kewenangan untuk ikut memilih lokasi penyelenggaraan Livoli 2016. Menurut Santiaji Gunawan, dipilihnya Semarang dan Blora sebagai tuan rumah turnamen karena kedua kota ini memiliki penonton yang heboh.

“Klub-klub voli di Jateng terus bermunculan dan motivasi penonton di Jateng juga luar biasa. Di Blora, turnamen tingkat kabupaten saja penontonnya sangat heboh. Ini jadi alasan kenapa kami memilih Blora dan Semarang,” terangnya.

Terkait hadiah, PP PBVSI sudah menyiapkannya. Juara Divisi Satu akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 100 juta untuk putra dan putri, sedangkan pemenang Divisi Utama memperoleh Rp 193 juta.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments