Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Lima Pengprov PBSI Beralih Dukung Wiranto

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Lima Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Pengprov PBSI) mencabut dukungan untuk bakal calon ketua umum PP PBSI Gita Wirjawan. Kelima Pengprov itu adalah Nangroe Aceh Darussalam, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Gorontalo dan Sulawesi Utara. Kini, mereka beralih mendukung Wiranto pada Musyawarah Nasional (Munas) PP PBSI di Surabaya, 30 Oktober – 1 November mendatang.

Dengan tambahan lima pemilik suara ini, maka dukungan untuk Wiranto menjadi 18 Pengprov. Sebelumnya sudah ada DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bali, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Papua dan Papua Barat.

Ke-18 Pengprov tersebut, Rabu (26/10), telah mendaftarkan Wiranto ke tim penjaringan di Kantor PP PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

Ketua Umum Pengprov PBSI Gorontalo Edward Wolok menceritakan, semula pihaknya tak mengetahui kalau Wiranto akan maju pada Munas. Karenanya, Gorontalo tetap memberikan dukungan kepada calon petahana Gita Wirjawan. Setelah adanya deklarasi dari Wiranto untuk memperebutkan PBSI 1, maka pihaknya mengalihkan dukungan kepada Wiranto yang kini menjabat Menko Polhukam.

“Awalnya, kami dapat informasi bahwa yang akan maju adalah Pak Gita. Kami berikan dukungan ke beliau (Gita Wirjawan). Lalu di kemudian hari, kami dapat info kalau Pak Wiranto akan maju, selanjutnya beretemu dengan beliau (Wiranto) untuk mendengarkan visi misinya. Pak Wiranto akan membawa bulu tangkis menjadi lebih baik lagi. Kami juga ada kedekatan emosional dengan keluarga, terutama ibu Wiranto yang berasal dari daerah kami. Pertimbangan inilah yang menjadi alasan kenapa kami mendukung Pak Wiranto,” ujar Edward.

Hal yang sama diutarakan Ketua Umum Pengprov PBSI Aceh TB Herman. Pihaknya mengalihkan dukungan karena sebelumnya tak tahu kalau Wiranto akan maju pada Munas. Belum lagi, TB Herman juga memiliki kedekatan dengan Wiranto sejak lama.

“Kami tidak ada janji apa-apa dengan Pak Wiranto, tidak ada kompromi jabatan. Ini semua murni tanpa syarat,” kata Herman.

Abdullah Fadri Auli, Ketua Pengprov PBSI Lampung yang juga pentolan 18 Pengprov menambahkan, pihaknya optimistis Wiranto akan menang pada Munas nanti. Dengan mengumpulkan 18 pengprov, lanjut dia, peluang Wiranto untuk menang sangat terbuka.

“Nanti ada 35 suara yang diperebutkan, rinciannya 34 provinsi ditambah satu suara dari PP PBSI. Jadi kalau kami sudah dapat 18 suara, silakan dihitung sendiri siapa yang akan menang,” ungkap Abdullah Fadri Auli.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments