Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Liga Catur Beregu 2014 Diikuti 18 tim

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

SEMARANG, suaramerdeka. com - Hampir seluruh klub aktif di Semarang ramaikan Liga Catur Beregu 2014. Pada seri pertama yang berlangsung di RM Sampoerna Mangkang, Minggu (28/9), sebanyak 18 tim dari 10 klub ikut ambil bagian pada kejuraan tersebut.

Klub yang mengirimkan tim terbanyak adalah RSCC. Mereka menurunkan empat tim sekaligus di kejuaraan tersebut. Sementara Damar dan Undip masing-masing tiga tim. Adapun klub lainnya, seperti Andy Club, Bidak Merah Putih, Kuda Gajah, Percaka, Rejomulyo, Bidak Harapan dan PCKB masing-masing satu tim.

”Ini menjadi agenda kedua setelah sebelumnya digelar kejuraraan catur nonmaster di Wonderia. Pada prinsipnya, kami ingin memberikan wadah bagi para pecatur Kota Semarang untuk menambah kemampuan dan jam terbang,” kata Wakil Ketua Umum Percasi Kota Semarang Syahrul Qirom.

Ada beberapa perubahan aturan pada pelaksanaan Liga Catur Berebu tahun ini dibandingkan sebelumnya. Pertama, bila tahun lalu setiap tim diisi empat pecatur, kali ini hanya tiga. Setiap tim boleh diperkuat satu pecatur dari luar Semarang. Sebelumnya, dua pecatur non Semarang boleh ambil bagian.

”Bila mengirimkan atlet untuk sparring partner ke luar daerah, membutuhkan biaya cukup besar. Karenanya, kami mensiasatinya dengan memperbolehkan atlet dari luar untuk ambil bagian. Dengan begitu para atlet mengasah kemampuan melawan pemain dari luar, tetapi tetap bertanding di Semarang,” ujarnya.

Aturan lain yang harus dipatuhi adalah, setiap tim boleh diperkuat pecatur master nasional maksimal dua personel. Hal itu untuk memberikan kesempatan kepada pecatur-pecatur muda untuk unjuk gigi. Setiap tim boleh diperkuat pecatur putra maupun putri. Setiap klub juga boleh mengirimkan lebih dari satu tim untuk berpartisipasi.

”Regulasi dapat saja berubah di setiap seri, bila ada kesepakatan dari panitia dan peserta. Tempat untuk menggelar Liga Catur Beregu juga dapat berganti-ganti di setiap serinya. Kami mengakomodir klub-klub yang ingin dan mengajukan diri menjadi tuan rumah,” tandasnya.

(Hendra Setiawan / CN26)

Comments

comments