Foto: Sutton Images

Lewis Hamilton Juara GP Austria, Rio Haryanto di Posisi Buncit

Foto: Sutton Images

Foto: Sutton Images

SPIELBERG, suaramerdeka.com – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton sukses menjuarai GP Austria usai menjadi yang tercepat di balapan  yang dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (3/7) malam. Start dari pole position, Hamilton langsung tancap gas di awal lap dan diikuti oleh Nico Hulkenberg, serta Jenson Button.

Pada perkembangannya persaingan ketat tersaji setelah Vettel dan Rosberg mampu menyodok ke barisan terdepan dan menguntit posisi Hamilton. Begitu pun, Mark Verstappen dan Daniel Ricciardo. Vettel pada akhirnya menyabet posisi terdepan, sebelum akhirnya tergelincir dan menabrak diniding pembatas.

Kesempatan itu dimaksimalkan Rosberg mengambil alih posisi terdepan diikuti oleh Hamilton. Memasuki putaran ke-35, Rosberg masih berada di posisi pertama. Hamilton menguntit di posisi kedua dengan selisih waktu hanya 0,2 detik. Kemudian Verstappen yang berada di posisi ketiga berjarak 1,4 detik dengan Rosberg.

Memasuki lap ke-58, Max Verstappen menjadi pembalap terdepan dengan mengungguli Rosberg dan Hamilton, meski tak berselang lama Rosberg mampu mencuri kembali posisi terdepan dari Verstappen. Di lap-lap terakhir persaingan ketat terjadi antara Rosberg dan Hamilton.

Kedua pebalap itu bahkan sempat bersenggolan di putaran terakhir. Rosberg kemudian memimpin, tapi mengalami masalah lantaran bannya mengeluarkan percikan api. Hamilton pun mengambil kesempatan itu. Sementara Rosberg turun ke posisi keempat.

Hamilton pun akhirnya mengunci gelar juara GP Austria Formula One 2016, diikuti oleh Verstappen, Raikkonen, dan Rosberg. Sementara Rio Haryanto harus puas finis di posisi ke-16 alias buncit, sementara rekan setimnya di Manor Racing Pascal Wehrlein mendapat poin pertama dengan finis di posisi ke-10.

Berikut hasil Formula One 2016 GP Austria:

1. Lewis Hamilton
2. Max Verstappen
3. Kimi Raikkonen
4. Nico Rosberg
5. Daniel Ricciardo
6. Jenson Button
7. Roman Grosjean
8. Carlos Sainz
9. Valeri Bottas
10. Pascal Wehrlein
11. Esteban Gutierrez
12. Jolyon Plamer
13. Felipe Nasr
14. Kevin Magnussen
15. Markus Ericsson
16. Rio Haryanto

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments