Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

Lempar Lembing Tambah Nomor Lomba

Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Lempar lembing bakal menambah nomor lomba pada Kejuaraan Terbuka Atletik se-Solo Raya yang rencananya diselenggarakan 10 Desember mendatang. Jika ditetapkan, maka keseluruhan nomor dalam ajang yang terbuka bagi Pengkot/Pengkab Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan klub-klub atletik di lingkup eks Karesidenan Surakarta itu menjadi lima nomor.

‘’Ada permintaan dari beberapa daerah agar sekalian dilombakan lempar lembing. Mungkin nanti khusus putri karena hanya sedikit atlet lempar lembing kelompok putra di Solo Raya,’’ kata Ketua Harian Pengkot PASI Solo Bambang Wijanarko usai rapat monitoring dan evaluasi di Sekretariat KONI Surakarta, Senin (28/11).

Nomor-nomor lain yang sebelumnya ditetapkan pada event yang digelar PASI Solo tersebut adalah lari sprint 100 meter, 200 meter dan 400 meter, serta lompat jauh. Keempatnya terbagi atas kelompok putra dan putri. Setiap atlet boleh merangkap turun di dua nomor. Sedangkan setiap tim kontestan bisa menurunkan maksimal tiga aletnya pada satu nomor lomba.

Venue

Kejuaraan akhir tahun tersebut dirancang diselenggarakan di Stadion Sriwedari. Tapi ada kemungkinan digeser ke stadion mini UNS di kampus Kentingan. Sebab ada informasi, Sriwedari bakal digunakan untuk kegiatan lain. Meski demikian, Bambang yang juga Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Surakarta belum memastikan soal pergeseran venue.

‘’Kalau akhirnya terpaksa pindah ke UNS ya tidak ada masalah, karena lintasan atletik di kampus Kentingan sama seperti di Stadion Sriwedari. Tapi kami akan pastikan dulu,’’ tutur dia.

Pria yang juga dosen Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan pada FKIP UNS tersebut memprediksi, atlet yang bersaing di ajang itu cukup banyak. Sebab tujuh kota/kabupaten di eks Karesidenan Surakarta masing-masing memiliki kepengurusan PASI yang aktif melakukan pembinaan.

‘’Di daerah-daerah itu juga terdapat klub-klub atletik yang tentu menginginkan atlet binaannya terus menambah jam terbang,’’ ungkap Bambang.

(Setyo Wiyono/CN39/SM Network)

Comments

comments