Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Kota Semarang Raih Sembilan Emas Kejurprov Judo

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

KENDAL, suaramerdeka.com - Tim judo Kota Semarang berhasil meraih sembilan emas, empat perak, dan delapan perunggu dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Judo bertajuk Disporapar-Kapolres Kendal Cup yang digelar di GOR Bahurekso, Kabupaten Kendal, belum lama ini.

Perolehan ini hanya berselisih dua emas dari tim judo Kabupaten Wonogiri yang berhasil merebut gelar juara dengan 11 emas, empat perak, dan tiga perunggu. Semarang yang berada di peringkat kedua hanya terpaut satu emas dari peringkat ketiga yang ditempati Kota Salatiga yang memperoleh delapan emas, satu perak, dan empat perunggu.

Dengan hasil ini Kepala Pelatih tim judo Semarang Sandi Djojowinoto tetap mengapresiasi perjuangan anak-anak asuhnya yang tampil percaya diri dan mengejutkan, sebab ada beberapa pejudo yang di luar dugaan berhasil merebut medali dalam Kejurprov ini.

“Anak-anak tampil baik dalam kompetisi ini, cuman yang kami sayangkan beberapa pejudo andalan di beberapa kelas tidak bisa berpartisipasi karena sedang persiapan ujian sekolah,” ujar Sandi yang ditemui usai penyerahan tropi peringkat kedua Kejurprov di GOR Bahurekso, belum lama ini.

Ada delapan pejudo andalan Semarang yang absen dalam Kejurprov ini, antara lain Nicola Fink, Peter, Samuel, Jessica Santosa, Alvin Hendro, Dipo, Bima, dan Mutiara. Mereka semua duduk di bangku kelas tiga SMP. Minimnya stok pejudo yang dimiliki oleh Semarang memaksa tim pelatih lainnya, yaitu Purdiana, Vetra Ariyani, dan Rudy harus mencari pengganti pejudo-pejudo yang memiliki kelas dan kategori yang sama.

Dampaknya para pejudo yang minim pengalaman bertanding kalah bersaing dengan para pejudo daerah lain yang jauh lebih siap. “Pejudo yang siap kamu bawa, kalau kalah atau menang ya ini kan pertandingan olahraga, jadi harus tetap menerima hasil dan tentu akan dijadikan bahan evaluasi ke depan,” imbuh Sandi yang juga menjabat Kepala Pelatih Dojo YSKI Semarang sejak 1985.

Ke depan Sandi dan tim pelatih akan lebih menggiatkan para peraih medali emas di Kejurprov untuk terus berlatih guna mempersiapkan Kejurnas Judo Kartika Cup di Bandung pada 19-21 Mei mendatang. Sementara untuk peraih medali dan yang belum meraih medali, tim pelatih juga akan tetap memberi porsi-porsi latihan tambahan sebagai bahan evaluasi pertandingan Kejurprov.

Pada Kejurprov Kendal kali ini, Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jawa Tengah selain menjadikan ajang seleksi menuju Kartika Cup, juga sebagai ajang sosialisasi aturan pertandingan baru dari tim perwasitan judo nasional.

(Joseph Army Sandhoko / CN26)

Comments

comments