Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Kontrak Diputus Manor, Rio Haryanto Tak Lagi Membalap di F1

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

BANBURY, suaramerdeka.com – Rio Haryanto tak akan membalap di Formula 1 lagi pada sisa musim ini setelah kontraknya diputus Manor Racing. Situs resmi Manor mengungkapkan, ketidakmampuan pebalap Indonesia itu untuk memenuhi kewajiban yang tertuang dalam kontraknya, jadi alasan pemutusan.

“Manor Racing hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengambil keputusan untuk memutus kontrak Rio Haryanto sebagai pebalap utama setelah dia tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai kontrak,” tulis Manor.

Untuk mendapatkan kursi pebalap Manor pada musim ini, Rio harus menyetorkan dana sebesar 15 juta euro. Kenyataannya, Rio hanya sanggup membayar 8 juta euro, sehingga memiliki kekurangan 7 juta euro.

Manor sendiri memilih pebalap berkebangsaan Prancis, Esteban Ocon sebagai pebalap pengganti. Meski kontraknya sebagai pebalap utama diputus, Rio masih punya kesempatan untuk terlibat di F1 bersama Manor, namun tawaran itu belum dipertimbangkan Rio.

“Agar mimpinya di Formula 1 tetap hidup, tim menawarkan posisi pebalap cadangan kepada Rio di sisa sembilan seri Kejuaraan Formula 1 2016,” tulis Manor.

Dalam 12 seri F1 musim ini, Rio tak berhasil mencetak angka. Pencapaian terbaiknya adalah finis di posisi ke-15 di GP Monako. Racing Director Manor, Dave Ryan, berharap Rio mau bertahan di Manor sebagai pebalap cadangan. Dia mengatakan kalau Rio sudah menjalin hubungan yang baik dengan seluruh anggota tim.

“Manor benar-benar ingin mempertahankan Rio. Semua di tim punya hubungan baik dan mengapresiasi kemampuannya. Mereka juga akan sedih (dengan kepergian Rio),” sambung Piers.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments