Foto: suaramerdeka.com / Moch Kundori

KONI Salatiga Siapkan 75 Atlet Hadapi Babak Kualifikasi Porprov

Foto: suaramerdeka.com / Moch Kundori

Foto: suaramerdeka.com / Moch Kundori

SALATIGA, suaramerdeka.com - KONI Salatiga menyiapkan sedikitnya 75 atlet dari berbagai cabang olahraga untuk diterjunkan dalam babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018. Babak kualifikasi akan dilakukan pada tahun 2017 ini di berbagai cabang olahraga dengan waktu yang berbeda-beda.

Ketua KONI Salatiga Edy Pramono mengatakan, Salatiga serius untuk menyongsong Porprov mendatang. Harapannya, banyak atlet Salatiga yang lolos babak kualifikasi pesta olahraga multicabang empat tahunan itu.

“Pintu gerbang Porprov adalah babak kualifikasi. Jadi kami harus serius menghadapi babak kualifikasi ini. Kami mentargetkan atlet Salatiga lolos sebanyak-banyaknya,” kata ketua IPSI Salatiga ini.

Menurut Edy, pada Porprov 2018 mendatang Salatiga membidik sedikitnya 60 medali emas. Dengan target itu diharapkan, Kota Sejuk ini mampu menempati posisi empat besar. Pada Porprov 2013 di Banyumas, kontingen Salatiga meraih 30 emas, 22 perak, dan 39 perunggu di ajang pesta olahraga empat tahunan itu.

Raihan itu menempatkan kontingen kota Lereng Merbabu  itu berada di urutan ketujuh klasemen tetap. Juara umum diraih kontingen ibu kota, Semarang yang mengoleksi 150 emas, 88 perak, dan 87 perunggu.

Perlu dicatat dari kontingen Salatiga  yaitu perolehan medali merata yaitu 19 cabang olahraga. Ini artinya tidak terfokus ke cabang tertentu untuk meraih medali. Cabang baru seperti judo justru juara umum, yang menunjukkan pembinaan atlet mulai merata.

Edy menuturkan, usai Porprov 2013, KONI Salatiga  sudah membentuk tim atlet yang akan diterjunkan dalam Porprov) 2018. Tahap pertama disiapkan 50-60 atlet yang mengikuti pelatihan terpusat daerah (Pelatda) mulai Januari tahun 2015. Jumlah itu terus bertambah yang akhirnya menjadi 75 atlet.

“Kami harus mempersiapkan sebaik-baiknya untuk menghadapi babak kualifikasi Porprov yang biasanya digelar  satu tahun menjelang Porprov. Oleh karena itu, Pelatda sudah dilakukan sejak lama agar persiapan bisa maksimal,” katanya.

(Moch Kundori / CN26)

Comments

comments