Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Kodrat Jateng Gelar Penataran Wasit dan Pelatih

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jateng menggelar penataran bagi wasit dan pelatih di Hal UTC Semarang, Jumat-Minggu (7-9/4). Sebanyak 35 wasit dan 25 pelatih mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan, dengan penataran ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) tarung derajat di Jateng.

“Panataran wasit ini, juga sebagai persiapan awal untuk Porprov Jateng 2018 mendatang. Wasit peserta akan diberi materi tentang peraturan terbaru tentang pertandingan tarung derajat. Diharapkan, akan semakin banyak wasit dari Jateng yang memimpin kejuaraan nasional tarung derajat,” tutur Sekretaris Umum Kodrat Jateng Madi Sudrajat di Semarang, Rabu (5/4).

Hal itu juga untuk mematangkan kemampuan pengadil pertandingan saat Porprov Jateng nanti. Sebab, kualitas sebuah pertandingan tarung derajat juga bergantung dari wasit. Mereka dituntut sangat jeli melihat situasi pertarungan, sehingga keputusan yang diambil tepat dan meminimalisasi kesalahan, sehingga tidak terjadi protes.

“Seorang wasit dituntut untuk tegas dalam memimpin. Dalam penataran nanti, juga disentuh sisi mental. Saat memimpin perlu mental yang kuat. Tak jarang wasit grogi atau gugup saat bertugas. Hal itu juga menjadi perhatian dalam penataran,” papar Madi.

Hasil penataran, akan diuji saat kejurprov pada Juli mendatang. Adapun untuk pelatih, dengan penataran ini bisa membuat program latihan lebih terarah. Seorang pelatih,kata dia, tak bisa mengandalkan pengalaman saja. Perlu ilmu untuk membuat rencana latihan agar semakin tepat sasaran. Muaranya, akan melahirkan petarung andal untuk Jateng.

(Krisnaji Satriawan / CN26)

Comments

comments