Foto: AP Photo

Ketua Torro Rosso: Mobil F1 Saat Ini Lebih Sulit Dikendarai

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

FAENZA, suaramerdeka.com - Dibanding Formula 1 dalam waktu satu atau dua dekade yang lalu, mobil saat ini lebih sulit dikendarai seiring penerapa beberapa  beberapa aturan baru dalam pembuatan mesin, bodi dan berbagai teknologi lainnya. Hal itu disampaikan  Ketua tim Toro Rosso, Franz Tost.

Pria berusia 58 tahun itu, mengaku kesal setelah juara dunia F1 1997, Jacques Villeneuve menghina pembalap baru di timnya, Max Verstappen dihina. Pria asal Kanada itu kala itu mengatakan mobil F1 generasi terbaru sangat mudah dikendarai.

Maka dari itu, Verstappen muncul sebagai salah satu pembalap lomba balap jet darat musim depan, meskipun usianya baru 17 tahun. Komentar Villeneuve itu dicoba ditanggapi pria asal Austria tersebut.

“Teknik yang berbicara. F1 lebih menyulitkan saat ini dibanding dulu. Pembalap harus menyesuaikan keseimbangan rem sebelum tikungan. Pengaturan mesin di setiap trek lurus mesti menggunakan baterai, guna mengembalikan kemampuan mobil untuk melakukan manuver,” jelasnya seperti mengutip Motorsport.

Dia juga membantah pendapat yang mengatakan Verstappen tidak bisa lolos kualifikasi guna mengikuti lomba balap F1 karena tidak memiliki lisensi untuk membalap di ajang tersebut.

“Untuk orang seperti Max (Verstappen), balapan telah ia lakoni saat masih bersekolah. Hal itu sudah cukup baginya guna mendapat pengalaman membalap. Dia lahir dari generasi komputer yang tidak membutuhkan banyak tombol untuk mengubah arah setir kapan saja,” urainya.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments