Foto: AFP Photo

Keputusan FIA Larang Komunikasi via Radio Dianggap Sebuah Lelucon

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

BAKU, suaramerdeka.com - Sebastian Vettel dan Fernando Alonso menilai keputusan Federasi Otomotif Internasional (FIA) yang melarang komunikasi lewat radio antara pembalap dan tim selama balapan Formula 1 (F1) dinilai sebuah lelucon.

“Jika ingin pendapat jujur dari saya larangan itu adalah lelucon, akrena itu tak mengubah banyak hal,” ucap Vettel menukil Motorsport.

Perlu diketahui, pada 2016 ini FIA hanya mengizinkan beberapa hal yang boleh dikomunikasikan lewat radio, di antaranya data dan display di papan pit. Pebalap dilarang membicarakan di luar itu dan jika ada yang melanggar, langsung akan dikenai penalti.

Adanya aturan tersebut bertujuan memang untuk membuat para pembalap untuk peka terhadap kinerja mesinnya. Vettl sendiri menilai larangan penggunaan alat komunikasi kepada tim tak bisa mengubah jalannya balapan menjadi seru.

Sementara itu pembalap Alonso menegaskan aturan yang diterapkan FIA itu tak masuk akal sejak digagaskan. Bahkan aturan yang dibuat terkesan dipaksa karena membuat pembalap kesulitan.

“Mereka memberi kami ‘pesawat luar angkasa’ untuk dikendalikan, dengan teknologi yang kami miliki, dan sekarang kami tak memiliki informasi yang tersedia. Terkadang sulit untuk mengetahui apa yang terjadi dengan mobil, dan apa solusi yang harus dilakukan,” tandas pebalap berusia 34 tahun tersebut.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments