Foto: suaramerdeka.com / dok

Kemenpora Matangkan Olympic Center

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah melalui Kemenpora terus mematangkan rencana pembangunan pusat pelatihan nasional untuk cabang olahraga Olimpiade (Olympic Center).

Menurut Menpora Imam Nahrawi, Olympic Center itu harus segera diwujudkan mengingat Indonesia butuh persiapan dini guna menyongsong Olimpiade Tokyo 2020. Lokasi yang dipakai adalah di Cibubur, Jakarta Timur.

“Pelatnas akan kami pindahkan di Olympic Center, Cibubur. Selain lapangan berlatih, pemerintah juga membangun sarana dan prasarana pendukung, termasuk dokter dan fasilitas pendukungnya. Kemenpora juga serius memerhatikan segi pendanaan. Sebab, kebijakan semacam ini membutuhkan dukungan besar dari segi teknologi dan pembinaan. Proses penyesuaian juga menyerap dana besar,” ujar Menpora Imam saat memimpin rapat dengan pejabat eselon I dan II Kemenpora untuk membahas Olympic Center di kantor Kemenpora, Senin (5/9).

Menurutnya, tidak hanya jadi tempat pemusatan latihan, Olympic Center ke depan bisa pula menjadi tempat kunjungan  yang memberi inspirasi bagi siswa SD, SMP dan SMA.

“Nanti kami arahkan  untuk melihat atlet yang sedang  berlatih. Hal ini akan menjadi motivasi bagi anak-anak SD, SMP, SMA yang melihat kakaknya berlatih,” ujar menteri yang akrab disapa Cak Imam tersebut.

Sesmenpora Sakhyan Asmara menuturkan, semangat untuk membangun Olympic Center itu secara internal sudah dimulai.  “Kami mulai dari Gedung Serbaguna dan di situ akan dilakukan ground breaking (peletakan batu pertama). Saat  peninjauan lapangan setidak-tidakn ya untuk sekarang sudah  ada dua cabang yang akan pindah ke Cibubur yaitu panahan dan angkat besi,” terang Sakhyan. Sesuai rencana, setelah angkat besi dan panahan dipindah ke lokasi tersebut, beberapa cabang yang lain akan menyusul, seperti karate, taekwondo,  judo, tinju  dan gulat.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments