Ilustrasi: Istimewa

Kemenpora Diminta Perhatikan Olahraga Musim Dingin

Ilustrasi: Istimewa

Ilustrasi: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Indonesia telah mengirim kontingen untuk berlaga pada ajang Asian Winter Games (AWG) VIII/2017 di Sapporo, Jepang. Keikutsertaan tersebut mendapat dukungan penuh dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Bahkan, KOI akan mensupport agar olahraga musim dingin tersebut bisa berkembang secara signifikan di Tanah Air.

Anggota Komisi Eksekutif KOI Bidang Sports Development, Harry Warganegara berencana akan mengembangkan pembinaan olahraga es yang selama ini masih tertinggal, tak hanya dengan negara Asia lainnya, tapi juga dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

“Malaysia sudah membangun olahraga es sejak 15 tahun lalu. Mereka sudah tiga kali ikut AWG, begitu pula Thailand, Singapura, dan Filipina. Dalam kapasitas dan tanggung jawab sebagai anggota komisi eksekutif KOI, saya akan mengupayakan agar Indonesia bisa pula bertanding di Olimpiade musim dingin,” ujar Harry Warganegara melalui rilis, Rabu (22/2).

Pihaknya akan mendesak kepada pemerintah untuk memperhatikan cabang olahraga tersebut. Selain itu, pemerintah melalui Kemenpora bisa mengalokasikan anggaran bagi pembinaan olahraga es, termasuk juga pembangunan fasilitas dan sarana untuk mengembangkan olahraga ini.

Anggota Komisi Eksekutif KOI Bidang Sports & Environment, Raja Parlindungan Pane menambahkan, meski olahraga es tergolong baru di Indonesia, namun dalam bersaing dengan negara Asia Tenggara lainnya tidak kalah.

“Tadi saya menyaksikan lomba di nomor short track speed skating, bagaimana atlet-atlet kita mampu mengalahkan atlet Malaysia, Thailand, dan Filipina. Hal itu menunjukkan kita memiliki potensi meskipun fasilitas latihan dan dana terbatas karena mereka hanya berlatih di mall dengan dana dari kantong pribadi atau dari organisasinya,” ungkap Raja.

Pihaknya menginginkan agar perhatian terhadap organisasi-organisasi olahraga es yang baru, seperti hoki es, dan figure skating semakin diperbesar.

“KOI, KONI, dan juga Kemenpora harus membuka mata serta pintu bagi mereka agar peluang menorehkan prestasi dan mengibarkan bendera Merah Putih di tingkat internasional lebih terbuka. Hanya melalui olahraga kita bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain yang lebih maju,” tambahnya.

Pada penampilan perdana di AWG ini, tim Merah Putih ikut di tiga cabang yang semuanya berlangsung di dalam ruangan, yaitu hoki es, figure skating, dan short speed track skating.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments