Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Kejuaraan Terbuka Atletik Solo Raya Bakal Jadi Even Tahunan

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Kejuaraan terbuka atletik se-Solo Raya yang digelar di Stadion Kampus UNS Surakarta kawasan Kentingan, Selasa (13/12), bakal dijadikan even rutin tahunan. Sebab, berbagai manfaat dirasakan dalam ajang yang diprakarsai Pengkot Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Solo tersebut.

“Kegiatan yang didukung KONI Surakarta itu mendapat sambutan hangat dari kalangan klub atletik di Solo Raya, karena bisa menjadi arena memacu persaingan para atlet. Ajang tersebut juga memunculkan kejutan,” kata Ketua Harian Pengkot PASI Solo, Bambang Wijanarko, Rabu (14/12).

Salah satu kejutan adalah prestasi yang ditorehkan sprinter Sika Buddin di lintasan lari 200 meter putra. Menurut dia, atlet yang membawa bendera tim UNS tersebut selama ini berada di bawah bayang-bayang rekan sekotanya, Bayu Aji Laksono yang bernaung di bawah Klub Pelajar Surakarta.

“Tetapi dalam kejuaraan itu, Sika ternyata bisa menjadi juara dengan catatan waktu 22,78 detik. Bayu justru finish di belakangnya, terpaut 33 detik,” ungkap Bambang.

Kejuaraan yang menggelar nomor lari 100, 200, 400 dan 800 meter, serta lempar lembing dan lompat jauh itu diikuti 106 peserta. Ketua panitia pelaksana kejuaraan Slamet Widodo menyebutkan, ajang hanya menggelar kategori umum sehingga sebagian atlet pelajar agak ragu untuk turut bersaing.

“Namun sebagian atlet pelajar lainnya juga turut lomba, bahkan ada yang masih duduk di bangku SMP. Mungkin karena baru kali pertama digelar, sebagian di antara mereka masih ragu,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Umum KONI Surakarta Gatot Sugihartono memberi apresiasi positif atas pelaksanaan kejuaraan tersebut. Dia juga mendukung ajang tersebut menjadi even rutin tahunan.

“Ke depan, bibit-bibit atlet atletik bisa memanfaatkan menambah jam terbang. Mestinya, tidak masalah atlet muda atau pelajar turut bersaing dengan mereka yang sudah lebih senior, karena justru dapat lebih memacu potensi mereka secara maksimal,” tandas Gatot.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments