Foto: AP Photo

Keamanan Masih Jadi Perhatian Utama dalam F1

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

LONDON, suaramerdeka.com - Faktor keamanan rupanya menjadi perhatian utama dalam balapan Formula 1 karena dalam pelaksanaannya selalu menghadirkan bahaya. Salah satu yang menjadi bab buruk F1 musim lalu adalah kecelakaan yang dialami Jules Bianchi.

“Aku pikir itu sudah kembali mengingatkan kenyataan akan betapa berbahayanya dunia balap otomotif. Tentu saja bisa ada yang terenggut nyawanya, pada satu titik akan ada kecelakaan fatal,” kata Sir Jackie Stewart, juara dunia tiga kali F1 kepada Perform yang dikutip beIN Sports.

Seperti diketahui, Bianchi mengalami kecelakaan fatal di GP Jepang pada Oktober lalu. Pebalap Marussia tersebut kehilangan kendali mobilnya hingga menghantam sebuah crane yang tengah mengevakuasi mobil driver Sauber Adrian Sutil di lintasan.

Akibat insiden tersebut Bianchi belum sadarkan diri sampai saat ini dan masih dalam kondisi kritis kendatipun dinyatakan sudah bisa pulang ke negaranya, Prancis, dan tak lagi menggunakan alat bantu pernafasan.

“Kapal feri tenggelam, pesawat terbang dan bus kecelakaan. Sedihnya, hal semacam itu jarang terjadi cuma sekali. Jadi itu merupakan sesuatu yang harus amat sangat kita semua sadari, sudah pasti kita terus belajar setiap kali hal seperti itu terjadi, dan tentu saja disayangkan jika terjadi hal fatal,” katanya.

Sir Jackie yang dalam kariernya juga menjadi figur penting dalam aspek peningkatan keamanan, menilai insiden Bianchi tersebut, seburuk apapun itu, tetap membantu isu keamanan dan keselamatan kembali jadi fokus besar.

“Kali ini kecelakaan itu tidak fatal, tapi ia masih belum sadarkan diri dan kondisinya masih belum bagus. Jadi sesuatu akan dilakukan untuk berusaha memperkecil kemungkinan hal serupa terjadi lagi, tapi di saat yang sama para pebalap juga punya tanggung jawab, seperti halnya figur yang terus menyiapkan fasilitas medis terbaik,” bebernya.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments