Foto: AFP Photo

Ke Perempat Final, Nishikori Catat Sejarah

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

PARIS, suaramerdeka.com – Sejarah baru diukir Kei Nishikori setelah sukses melenggang ke Prancis Terbuka. Kepastian itu diikuti petenis Rusia Teymuraz Gabashvili straight set, 6-3 6-4 6-2 dalam laga babak keempat di Lapangan Suzanne Lenglen, Minggu (31/5).

Kemenangan itu menjadikan Nishikori sebagai petenis Jepang pertama yang lolos ke delapan besar turnamen sejak Jiro Satoh dalam 82 tahun. Satoh pernah dua kali mencapai semifinal pada 1931 dan 1933.

“Rasanya hebat membuat sejarah baru terutama untuk Jepang dan Asia,” kata Nishikori yang dikutip AFP. “Tapi aku tidak merasa tertekan dengan media atau fans di Jepang. Menyenangkan bagiku untuk mendapat banyak dukungan.”

Di laga berikutnya, Nishikori akan melawan petenis tuan rumah sekaligus unggulan ke-14 Jo-Wilfried Tsonga, yang menyingkirkan unggulan keempat Tomas Berdych dalam pertarungan empat set 6-3, 6-2, 5-7(5), 6-3.

Langkah unggulan kelima asal Jepang itu, juga diikuti unggulan kedelapan asal Swiss, Stanislas Wawrinka. Menghadapi wakil Prancis lainnya, Gilles Simon, Wawrinka hanya kehilangan tujuh gim sebelum memastikan kemenangan 6-1 6-4 6-2.

Bagi Wawrinka ini adalah kali kedua ia menembus perempatfinal Prancis Terbuka setelah 2013. Wawrinka tengah mencari penebusan atas penampilan buruknya di edisi tahun lalu yang langsung tersingkir di babak pertama.

Wawrinka berpotensi berjumpa rekan senegaranya Roger Federer sekaligus unggulan kedua, yang saat berita ini diturunkan sedang bertanding melawan Gael Monfils.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments