Foto: AFP Photo

Karakter Mesin Baru Honda Buat Marquez Tak Puas

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

VALENCIA, suaramerdeka.com – Karakter mesin baru Honda yang dipersiapkan untuk musim depan rupanya mengundang ketidakpuasan dari Marc Marquez. Hal itu diungkapkannya usai menjalani tes MotoGP di Valencia.

“Saya berkonsentrasi sepanjang hari dengan motor 2015, mencoba meningkatkan performanya, kemudian di percobaan terakhir saya mencoba dengan motor 2014 lagi dan meningkatkan catatan waktunya. Karena tampaknya bagi saya motor ini lebih mudah,” kata Marquez dikutip Crash.

Dalam hari terakhir sesi tes itu, Marquez memang berhasil mencatatkan waktu putaran tercepat, di mana juara dunia dua musim terakhir itu mampu menorehkan catatan satu menit 30 detik.

Pemuda 21 tahun itu pun jadi satu-satunya pebalap yang menembus kisaran waktu satu menit 30 detik di uji coba tersebut. Namun persoalannya, Marquez mencatatkannya dengan motor 2014 alih-alih dengan mesin baru untuk musim depan. Marquez mengakui bahwa sejauh ini kurang nyaman dengan prototipe 2015.

Yang menjadi persoalan utamanya adalah karakter mesin, dan ada satu hal yang cukup membuatnya senang adalah area depan sasis baru. Dia berharap Honda bisa melakukan perbaikan untuk membuat motor musim depan lebih nyaman berbekal catatan dari motor 2014.

“Kami meningkatkan prototipe 2015 di sejumlah area, tapi sedikit menurun di area lainnya. Saya tidak merasa nyaman dan ini bukanlah waktu yang tepat untuk mengambil risiko besar. Hal terpentingnya adalah Honda lebih memahami karakter mesin dan sasis seperti apa yang saya suka,” sambung Marquez.

“Karena ini adalah perubahan besar pertama pada motor yang kami lakukan sejak tahun lalu. Mereka telah menuju ke satu arah dan saya tidak menyukainya, kami harus menuju ke arah lainnya. Kami telah berkembang di titik masuk tikungan dan akan mencoba membenahi problem-problem lainnya di tes Malaysia,” lanjutnya.

“Saya sangat tidak menyukai karakter mesin baru kemudian dengan sasisnya, saya suka area depan tapi tidak dengan area belakang. Jadi kami harus mencoba mencari kompromi terbaik. Tapi hal positifnya adalah kami tahu motor 2014 punya potensi yang sangat bagus dan di mana titik-titk terkuatnya,” demikian pebalap asal Spanyol ini.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments