Foto: Getty Images

Kalahkan Serena Williams, Angelique Kerber Juara Australia Terbuka

Foto: Getty Images

Foto: Getty Images

MELBOURNE, suaramerdeka.com - Kejutan besar terjadi di Australia Terbuka 2016, setelah petenis unggulan tujuh Angelique Kerber (Jerman) keluar sebagai juara. Hal itu diraih setelah Kerber menumbangkan unggulan teratas sekaligus juara bertahan Serena Williams (AS) dengan 6-4, 3-6, dan 6-4.

Main di Rod Laver Arena, Sabtu (30/1) sore WIB, Serena dan Kerber terlibat pertarungan amat sengit sepanjang pertandingan. Pada akhirnya, Serena kerap kali kerepotan menghadapi penampilan ngotot Kerber.

Petenis Amerika Serikat itu malah acapkali membuat kesalahan-kesalahan dalam pukulan–termasuk sejumlah double fault di set penentu. Agresi dan daya juang Kerber itu pada prosesnya membuat Serena beberapa kali dalam situasi terpojok. Tak bisa keluar dari kesulitan-kesulitan itu, Serena pun kalah.

Ini merupakan titel grand slam pertama untuk Kerber yang sebelum ini capaian terbaiknya di ajang grand slam hanyalah menembus semifinal, di AS Terbuka 2011 dan Wimbledon 2012.

“Malam ini impian saya jadi nyata. Sepanjang hidup ini saya sudah bekerja keras dan sekarang saya ada di sini. Kini saya bisa mengatakan kalau saya adalah kampiun grand slam dan itu kedengarannya gila sekali. Terkadang saya pikir kalau diri saya ini bukan orang yang mudah dihadapi, tapi saya punya keluarga dan tim terbaik di dunia… untuk kalian semua dan para penggemar di seluruh dunia,” kata Kerber dalam wawancara di atas lapangan seperti dikutip Reuters.

Titel di Melbourne Park itu membuat Kerber meraih gelar juara grand slam pertama. Serena sebaliknya masih terpaku di koleksi 21 titel ajang tersebut, belum bisa menyamai rekor 22 gelar milik Steffi Graf di era Open.

Dalam perjalananannya di Melbourne Park kali ini, Kerber nyaris tersingkir pada babak pertama di tangan Misako Doi setelah lawannya itu sempat mencapai match point dalam pertandingan mereka.

“Ini sudah jadi sebuah dua pekan naik dan turun, saya sempat tertinggal match poin di partai pertama dan satu kaki saya sudah ada di pesawat balik ke Jerman. Sekarang saya malah sudah mengalahkan Serena dan juara. Ada sedemikian banyak emosi dan pikiran, tapi semuanya bagus,” beber Kerber.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments