Foto: Getty Images

Kalahkan Prancis, Swiss Juara Piala Davis 2014

Foto: Getty Images

Foto: Getty Images

LILLE, suaramerdeka.com - Swiss sukses menjuarai Piala Davis tahun ini setelah sukses mengalahkan Prancis dengan skor 3-1 dalam laga final yang digelar di Lille, Minggu (23/11). Kemenangan Swiss ditentukan oleh Roger Federer yang sukses menang atas  Richard Gasquet dengan kedudukan 6-4, 6-2, 6-2, di partai keempat.

Dalam laga melawan Gasquet, Federer tampil sangat baik kendati sempat kalah dari Gael Monfils akibat cedera punggung yang diderita pada Jumat (21/11) lalu.

Meski membuat unforced error lebih banyak dibanding lawannya itu, namun juara Grand Slam 17 kali itu membuat 62 winner. Setelah pukulan drop shotnya masuk untuk memastikan kemenangan diraih Swiss, Federer langsung berlutut.

Maklum saja ini merupakan Piala Davis pertama Swiss, yang capaian tertinggi sebelumnya adalah final di tahun 1994 saat kalah dari Amerika Serikat.

Kemenangan ini juga sekaligus menyudahi penantian panjang Federer karena Piala Davis menjadi salah satu dari dua ajang bergengsi yang belum dia pernah menangi. Satu medali tersisa yang belum berada di lemari pialanya adalah emas Olimpiade.

“Kami berjuang keras untuk mendapatkannya. Saya sudah main di turnamen ini selama hampir 15 tahun dan saya tak pern ah sebelumnya berada sedekat pekan-pekan ini sebelumnya. Saya senang, saya tetap tenang dan saya memainkan pertandingan yang bagus saat saya membutuhkannya. Saya sungguh gembira untuk semua orang di tim kami,” sahut Federer di Reuters.

Sebelum laga terakhir itu, Swiss membuka keunggulan atas Prancis saat Stan Wawrinka memenangi laga marathon dengan Jo-Wilfried Tsonga. Namun kemenangan Monfils atas Federer di hari Jumat membuat kedudukan jadi sama kuat 1-1.

Keunggulan kembali didapat Swiss saat pasangan Roger Federer/Stan Wawrinka mengalahkan Julien Benneteau/Richard Gasquet. Titel juara untuk Swiss akhirnya dikunci Federer setelah dia menundukkan Richard Gasquet.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments