Foto: suaramerdeka.com / dok

Juara Singapura Terbuka, Sony Akhiri Penantian Enam Tahun

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

SINGAPURA, suaramerdeka.com – Penantian selama enam tahun akhirnya dituntaskan Sony Dwi Kuncoro. Sejak 2010, ia kembali merebut gelar turnamen super series. Sebuah waktu yang terbilang begitu lama. Pada final tunggal putra Singapura Terbuka Super Series 2016, Minggu (17/4), Sony menundukkan Son Wan Ho (Korsel), dengan skor 21-16, 13-21, 21-14.

Ini adalah gelar keduanya di Singapura Terbuka setelah 2010. Namun setelah itu, Sony selalu gagal menjuarai super series hingga akhirnya Singapura Terbuka kali ini kembali ia juarai. Tak bisa dipungkiri, kemenangan Sony atas Lin dan (Tiongkok), di babak semifinal, cukup meningkatkan rasa percaya dirinya dalam bertanding di babak final.

Sony yang merupakan pemain dengan segudang pengalaman, mampu mengatur ritme permainan. Selain bertekad untuk membalas kekalahan, Sony memang sedang berada dalam peak performance-nya. Sejak game pertama, Sony menguasai jalannya pertandingan, namun sayang di game kedua, performa Sony menurun dan ia banyak melakukan kesalahan sendiri.

Di awal game ketiga, Sony terus melancarkan serangan kearah So. Unggul 5-1, Sony semakin bersemangat untuk mengejar titel juara. Sedangkan So tampak frustrasi dan sulit mengembangkan permainannya.

“Tentunya saya bahagia dengan kemenangan ini, saya tidak menyangka bisa jadi juara, walaupun perjalanan saya dari babak kualifikasi cukup berat. Saya sangat menikmati permainan hari ini, setelah menang dari Lin Dan, saya merasa enjoy sekali,” tutur Sony.

Dengan dua gelar dari Singapore Open Super Series 2016, maka Indonesia masih melanjutkan rentetan gelar di turnamen super series sepanjang 2016. Indonesia tercatat selalu meraih gelar juara di kejuaraan level super series di tahun ini di antaranya turnamen All England Super Series Premier, India Terbuka Super Series, Malaysia Terbuka Super Series Premier dan Singapura Terbuka Super Series 2016.

“Selamat atas dua gelar yang berhasil dibukukan Greysia/Nitya dan Sony pada ajang Singapore Open Super Series 2016. Kemenangan ini membuktikan bahwa penampilan tim Indonesia cukup konsisten di ajang bergengsi super series. Namun kita tidak boleh lengah, masih banyak tugas menanti di depan, khususnya persiapan jelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016,” ujar Gita Wirjawan, Ketua Umum PP PBSI, memberi ucapan selamat.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

Comments

comments