Foto: crash.net

Juara GP Singapura, Rosberg Ambil Alih Pimpinan Klasemen

Foto: crash.net

Foto: crash.net

MARINA BAY, suaramerdeka.com - Nico Rosberg memenangi balapan GP Singapura 2016 yang digelar di Marina Bay Street Circuit, Minggu (18/9). Dia pun sukses mengambil alih pimpinan klasemen pebalap.

Dalam balapan kali ini, insiden sudah terjadi begitu start dilakukan. Nico Hulkenberg, yang mengambil lajur sebelah tengah, tergencet oleh dua mobil Toro Rosso hingga mobilnya melintir dan menghantam tembok. Safety car pun langsung masuk ke dalam lintasan akibat insiden tersebut.

Tidak lama setelah restart, Rosberg pun dengan cepat memimpin dan membuat jarak, di mana dia menorehkan catatan waktu tercepat sehingga menambah jaraknya dengan Ricciardo, yang berada di urutan kedua, menjadi  dua detik pada lap keempat.

Sementara itu, Ricciardo sendiri menciptakan jarak yang cukup jauh di depan Hamilton, yang berusaha untuk melepaskan diri dari kejaran Raikkonen. Menjelang lap ke-10, jarak antara Rosberg dan Ricciardo mengecil menjadi 1,9 detik. Pada saat bersamaan tim Rosberg, Mercedes, mengingatkan kepada pebalap asal Jerman itu bahwa dia membutuhkan brake management.

Di barisan tengah, pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, berusaha mati-matian untuk memperbaiki posisinya. Pada lap ke-12, Vettel, yang sempat berada di urutan ke-16, sudah berada di urutan ke-13.

Pada lap ke-13, Rosberg memimpin enam detik atas Ricciardo. Sementara, tiga lap setelahnya, Ricciardo dan Hamilton sama-sama masuk pit. Ricciardo kembali ke lintasan dengan menggunakan ban super soft, sementara Hamilton menggunakan ban soft. Pada lap ke-18, Raikkonen, yang sempat memimpin balapan, akhirnya masuk ke pit. Dan Rosberg pun kembali memimpin balapan. Di tengah, Vettel sudah berada di posisi kedelapan.

Persaingan pun seperti semula kembali. Rosberg memimpin atas Ricciardo yang berada di posisi kedua. Rosberg memimpin 5,4 detik atas Ricciardo pada lap ke-23. Sementara, Ricciardo memimpin 1,3 detik atas Hamilton yang berada di posisi ketiga.

Balapan menjadi menarik menjelang lap ke-50. Rosberg diminta untuk terus memacu mobilnya demi menciptakan jarak yang cukup dengan Ricciardo. Sementara itu, Ferrari berusaha membuat Raikkonen –yang berada di posisi keempat– melewati Hamilton –yang berada di posisi ketiga. Ferrari melihat kesempatan ketika Hamilton masuk pit, namun tetap saja setelahnya Hamilton masih berada di depan Raikkonen.

Jelang berakhirnya balapn, Ricciardo terus memangkas waktu dengan Rosberg di depannya. Namun, Rosberg tetap berhasil mempertahankan posisinya. Jarak keduanya hanya terpaut 0,4 detik saja di akhir. Ia pun finis lebih dulu dengan diikuti Ricciardo di posisi kedua dan Hamilton di posisi ketiga.

Bagi Rosberg, kemenangan tersebut merupakan kemenangan ketiganya dalam tiga balapan terakhir dan memimpin klasemen pebalap dengan nilai 273. Sementara, Hamilton turun ke urutan kedua dengan nilai 265. Tinggal ada enam balapan tersisa hingga garis finis musim 2016.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments