Foto: Getty Images

Juara GP Belanda, Rossi Torehkan Catatan Khusus

Foto: Getty Images

Foto: Getty Images

ASSEN, suaramerdeka.com - Valentino Rossi menorehkan catatan khusus setelah sukses menjadi juara pada balapan ketat di MotoGP Belanda, Sabtu (27/6) malam WIB. Menurut MotoGP, ini adalah pertama kalinya sejak 2009 Rossi bisa menjadi juara setelah start paling depan.

Jika dirunut ke belakang, catatan serupa pernah ditorehkan Rossi pada 6 September 2009 atau nyaris enam tahun silam. Kala itu Rossi menjadi juara di Sirkuit Misano, San Marino dan menjadi juara dunia MotoGP pada tahun yang sama pula.

Menjalani balapan di Assen tadi malam, The Doctor tidak meraih kemenangan tersebut dengan mudah. Pasalnya, dia harus menghadapi tekanan dari Marc Marquez yang berada tepat di belakangnya, kendati meski memimpin jalannya balapan

Menjelang garis finis, tekanan Marquez kian menjadi-jadi dan berani menekan Rossi dari jarak yang amat dekat hingga membuat kedua pebalap nyaris bersenggolan. Sebelum tikungan terakhir, Rossi terpaksa menyasar ke luar lintasan untuk menghindari tabrakan dengan Marquez. “Saya harus melakukannya,” ujar Rossi ketika diwawancarai seusai balapan.

Berkat menyasar ke luar lintasan itu, Rossi sukses mempertahankan posisi terdepan. Dia pun akhirnya finis lebih dulu mengungguli Marquez. Kemenangan itu membuat Rossi masih memimpin klasemen pebalap dengan koleksi nilai 163.

Dia unggul 10 poin atas rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, yang ada di posisi kedua. Sementara, Marquez masih berada di posisi keempat dengan nilai 89.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments