Foto: Crash.net

Juara GP Abu Dhabi, Rosberg Tutup Musim dengan Manis

Foto: Crash.net

Foto: Crash.net

ABU DHABI, suaramerdeka.com – Nico Rosberg menutup musim Formula 1 dengan manis usai memenangi GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (29/11) usai  mengungguli rekan setimnya, Lewis Hamilton. Ini adalah kemenangan ketiga secara beruntun yang dibukukan oleh Rosberg.

Start dari posisi terdepan, Rosberg mempertahankan posisinya dengan baik. Hal serupa diperlihatkan Lewis Hamilton yang ada di urutan kedua meski mendapat tekanan dari Kimi Raikkonen dan Sergio Perez. Di bagian lain, Fernando Alonso dan Pastor Maldonado terlibat insiden di turn 1 tak lama setelah start.

Tabrakan ini menyebabkan Maldonado harus mengakhiri balapan lebih awal. Sementara itu, Alonso mendapat drive-through penalty karena dinilai menyebabkan insiden tersebut. Di lap kesembilan, Valtteri Bottas dan Jenson Button terlibat kontak di pit. Bottas yang meninggalkan garasi bertabrakan dengan Button yang baru akan masuk. Sayap depan bagian kiri mobil Bottas mengenai bagian belakang mobil Button. Insiden ini membuat Bottas mendapat penalti lima detik.

Rosberg yang memimpin di depan Hamilton hingga 4,7 detik masuk pit di lap ke-10 sehingga membuat Hamilton memimpin, tapi dia kemudian masuk pit di lap berikutnya. Sementara itu, Sebastian Vettel yang memulai balapan dari posisi ke-16 sudah menyodok ke urutan kedua di belakang Rosberg dan di depan Hamilton yang kembali ke lintasan di urutan ketiga.

Di lap ke-13, Hamilton berhasil merebut kembali posisi kedua dari Vettel yang sempat melebar. Rosberg yang masih memimpin balapan unggul 6,2 detik dari Hamilton. Raikkonen kemudian melewati Vettel untuk mengambil posisi ketiga di lap ke-15.

Sampai lap ke-29, Rosberg memimpin balapan dengan keunggulan 1,3 detik dari Hamilton. Posisi 10 besar berturut-turut diisi Raikkonen, Vettel, Sainz, Perez, Ricciardo, Grosjean, Hulkenberg, dan Kvyat.

Rosberg masuk ke pit saat memimpin di lap ke-31. Sejak saat itu, gantian Hamilton yang berada di posisi terdepan. Baru di lap ke-41 Hamilton masuk ke pit dan Rosberg kembali mengambil alih posisi pertama.

Sejak saat itu, posisi Rosberg di urutan pertama tak tergoyahkan. Hamilton mempertahankan posisinya di urutan kedua sementara podium ketiga menjadi milik Raikkonen. Catatan lain ini adalah podium yang ketiga bagi Raikkonen di musim ini.

Dengan demikian, Hamilton menutup musim dengan mengumpulkan 381 poin. Rosberg di urutan kedua dengan 322 poin, sementara Vettel ada di posisi ketiga dengan 278 poin.

Hasil GP Abu Dhabi, Minggu (29/11):

1. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 55 laps 1hr 38m 30.175s
2. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes +8.2s
3. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +19.4s
4. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +43.7s
5. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +63.9s
6. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +65.0s
7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +93.6s
8. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +97.7s
9. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +98.2s
10. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +102.3
11. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault +103.5
12. Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault +1 lap
13. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1 lap
14. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap
15. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
16. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +1 lap
17. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +2 laps
18. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps
19. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +3 laps

Tidak finis

Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments