Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Jepara dan Kendal Diprediksi Dominasi Medali Kejurda Lemkari Jateng

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Tim Jepara dan Kendal diprediksi mendominasi perolehan medali emas dalam Kejurda Terbuka Lemkari Jateng 2016. Lemkari Kota Ukir memboyong 48 karateka, sedangkan Kendal menurunkan 43 atlet untuk memburu gelar sebanyak-banyaknya pada pertarungan di GOR Manahan Solo, Kamis-Jumat (22-23/12) itu.

“Menurunkan karateka terbanyak, tim Jepara punya peluang untuk mempertahankan gelar juara umum seperti yang mereka di Magelang, tahun lalu. Tapi persaingan bakal ketat, mengingat kekuatan tim-tim lain kini relatif merata,” kata ketua panitia Kejurda, Sigit Eko Yuwono.

Total 496 atlet bertarung dalam event rutin tahunan tersebut. Mereka yang terinci atas 300 karateka putra dan 196 putri itu berasal dari 26 kontingen ranting, dojo dan pengkot/pengkab Lemkari se-Jateng. Persaingan dibagi dalam dua bagian, yakni kelompok khusus atlet pemula mulai prausia dini hingga kadet, serta kelompok umum mulai prausia dini hingga veteran.

“Total ada 88 kelas atau 88 medali emas yang diperebutkan untuk kategori kata dan kumite. Tetapi penghitungan juara umum hanya khusus kelompok umum,” tambah Ketua Harian Pengda Lemkari Jateng, Ibnu Salimi.

Sementara itu, Lemkari Solo sebagai tuan rumah tidak menurunkan karatekanya dalam satu tim. Menurut Sigit, para karateka Kota Bengawan yang tahun lalu turun dengan bendera Solo Karate Club (SKC), kini terbagi dalam empat tim, yakni tim UMS, Al Abidin, Takmirul dan Jamaatul Ichwan.

“Secara keseluruhan ada sekitar 60 atlet dalam empat tim Solo tersebut. Makanya, kalau tahu lalu SKC di Magelang bisa masuk tiga besar pengumpul medali terbanyak, kini tidak berani memasang target itu,” ujarnya.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments