Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Jelang Seri II WNBL, Sahabat Fokuskan Pertahanan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim putri klub Sahabat Wisma Sehati Semarang terus melakukan persiapan menjelang seri II Women’s National Basketball League (WNBL) di Surabaya, 22-25 Januari mendatang. Pembenahan pertahanan masih menjadi fokus sang arsitek Xaverius Wiwid.

Diharapkan, Sahabat bisa maksimal saat kontra tuan rumah Surabaya Emdee Fever. ”Fever merupakan salah satu tim favorit musim ini. Seri pertama, mereka cukup tampil impresif memetik kemengan di dua laga yang dilakoni,” tutur Wiwid, Selasa (13/1).

Duel nanti menjadi arti penting bagi dua tim. Sahabat dan Fever belum tersentuh kekalahan. Sahabat sendiri mendulang hasil positif di tiga laga seri pembuka. Widi menilai, kembalinya tiga punggawa tim asuhan Wellyanto Pribadi yakni Gabriel Sophia, Yunita Sugianto, dan Stephanie Yolanda menambah kekuatan tim itu.

Mau tidak mau, sisi pertahanan harus diperkuat agar tak mudah ditembus. Dari pengamatannya di seri pertama, agresivitas Ivonne Febriani sangat tinggi. ”Statistik  Fever di dua pertandingan cukup tinggi. Ini menunjukkan akurasi, kecepatan, mobilitas mereka sangat bagus,” tutur pelatih tim putri Jateng PON XIX Jabar itu.

Karenanya, harus diantisipasi dengan memperkuat pertahanan agar pemain lawan tidak leluasa bermain di paint area. Mempunyai kecepatan dan akurasi yang tinggi tapi tak diimbangi bertahan yang solid akan percuma. Transisi menyerang ke bertahan dan sebaliknya harus seimbang.

Wiwid mengaku diuntungkan dengan materi musim ini yang disebutnya lebih komplet, sehingga memudahkan untuk meracik strategi dan melakukan rotasi. ”Di semua posisi ada pelapis. Yang cukup melegakan, kemampuan pemain inti dan cadangan tak terlalu jauh meski sebagian besar adalah pendatang baru,” paparnya.

Manajer tim Sahabat Wisma Sehati Semarang Poa Seng Goeng meminta agar pemainnya konsentrasi penuh dui seri II Surabaya. Menurutnya, laga melawan tuan rumah Fever akan menjadi penentu langkah selanjutnya. Diakuinya, duel Sahabat melawan Fever adalah dua tim favorit  musim ini. ”Saya yakin anak-anak siap meladeni tuan rumah,” tandas Poa Seng.

(Krisnaji Satriawan / CN26)

Comments

comments