Foto: istimewa

Jawara Pemula Se-Jateng Ditarungkan

Foto: istimewa

Foto: istimewa

SOLO, suaramerdeka.com – Kejurkot bulu tangkis Kota Surakarta 2014 telah usai, pekan lalu dengan PB PMS meraih predikat juara umum. Namun, panitia berencana mempertarungkan jawara kelas pemula masing-masing daerah untuk bertanding kembali. Mereka bakal saling mengalahkan dalam ajang bertajuk ”Pemula Master” di Kota Magelang, 14 Februari tahun depan.

”Khusus kelas pemula saja dan menjadi agenda perdana di kalender nasional. Nantinya, setiap daerah mengirimkan satu pebulu tangkis putra dan putri,” kata panitia Kejurkot Solo Suranto, Minggu (21/12).

Jika melihat hasil Kota Bengawan, dipastikan Kota Solo akan diwakili atlet PB PMS baik kelas pemula putra maupun putri. Nando yang pada babak final lalu mengalahan rekan setimnya Rifqi akan mewakili nomor putra. Sedangkan atlet PB PMS lainnya Anggepi yang tampil impresif sejak babak 16 besar diharapkan mampu meneruskan performa di ajang tersebut.

Suranto menjelaskan, agenda tersebut merupakan keinginan pihak Djarum Foundation selaku sponsor utama. Sebab, masing-masing juara otomatis masuk karantina PB Dajrum di Kudus.

”Sekarang PB Djarum tidak melakukan audisi dengan waktu yang lama dan lebih efektif serta efisien. Kegiatan itu juga hasil Musker (musyawarah kerja-red) PBSI di Semarang beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Evaluasi

Terkait evaluasi Kejurkot seri kedua lalu, Suranto mengaku jika bulan Desember dipergunakan untuk ajang multi daerah. Namun agenda itu urung terlaksana lantaran Kabupaten Klaten belum siap. Sehingga daerah lainnya mengadakan kejuaraan sendiri, termasuk Kota Solo.

”Setiap tahunnya kami ada tiga seri yang berlangsung bulan Februari, Juni dan Desember. Untuk akhir tahun seharusnya digabungkan. Mungkin Klaten kurang persiapan sehingga menolak,” ujarnya.

Sedangkan jumlah peserta yang tak sesuai target 200 atlet, dia mengakui banyaknya event yang belangsung bersamaan berpengaruh besar. Untuk itu, pihaknya bakal menyesuaikan jadwal ajang nasional terbuka maupun kalender resmi lainnya agar peserta bisa mencapai target.

”Kemarin hanya 176 peserta yang berpartisipasi. Mungkin mengikuti ajang yang lebih besar. Ini menjadi evaluasi untuk Kejurkot tahun depan,” pungkasnya.

(Ronald Seger Prabowo/CN39)

Comments

comments