Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Jatim Juara Umum PON Remaja I, Jateng Keempat

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

SIDOARJO, suaramerdeka.com - Gelaran PON Remaja I Jatim 2014 yang dimulai sejak 14 Desember akhirnya ditutup, malam ini. Sebanyak 131 nomor dari 15 cabang usai dipertandingkan. Tuan rumah Jatim yang sudah memastikan gelar juara umum sejak sehari sebelum pertandingan, mengukuhkan dominasinya dengan meraih emas di cabang sepak bola.

Jawa Timur meriah 37 emas, 29 perak dan 16 perunggu. Di peringkat kedua ditempati DKI Jakarta dengan 34 emas, 22 perak dan 18 perunggu. Adapun Jawa Barat menduduki peringkat tiga dengan 13 emas, sembilan perak dan 15 perunggu. Sementara Jateng hanya bertengger di peringkat empat dengan tujuh emas, sembilan perak dan 14 perunggu.

Terkait jebloknya prestasi Jateng di PON Remaja I kali ini, Ketua Umum KONI Jateng, Hartono mengakui, Jateng tampil kurang maksimal di PON Remaja I dengan persiapan yang menurutnya juga cukup mepet. Bahkan, kini Jateng harus bersaing dengan Sumbar dan Bali untuk masuk lima besar.

”Kami akan lakukan evaluasi, termasuk persaingan dengan daerah-daerah luar Jawa seperti Sumbar dan Bali. Kami harap pada PON Remaja yang akan datang, Jateng akan tampil lebih baik,” tegas Hartono.

Seperti diketahui, Jateng yang menargetkan masuk ke peringkat tiga besar PON Remaja I gagal memenuhi ambisinya setelah dari hasil perolehan medali terbanyak terakhir kemarin Jateng hanya menghuni peringkat empat. Jateng yang akan menjadi tuan rumah PON Remaja I pada 2017 mendatang pun sudah siap. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang hadir pada acara penutupan tersebut ikut menegaskan kesiapan Jateng.

”Jangankan PON Remaja, PON yang untuk dewasa pun kami sudah siap. Karena sejak dulu Jateng sebenarnya juga berkeinginan untuk menggelar PON Remaja I ini. Target kami di PON Remaja II menjadi juara umum,” beber Ganjar.

Di PON Remaja II 2017 mendatang, kata Ganjar, Jateng merencanakan penambahan jumlah cabor yang dimainkan yaitu minimal 22 cabor. Closing ceremony PON Remaja I digelar meriah. Band legendaris, Slank ikut ambil bagian dalam acara. Dalam penampilan yang berlangsung kurang lebih selama satu jam, band ibukota itu menyajikan sejumlah lagu yang menggugah semangat patriotisme.

(Hendra Setiawan/ CN26)